View Full Version
Ahad, 12 Mar 2023

Sambut Ramadhan dengan Niat dan Kehendak Baik

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Ramadhan 1444 Hijriyah sebentar lagi. Bulan penuh kemuliaan dan keberkahan. Disiapkan ampunan, rahmat, semua jenis kebaikan untuk insan beriman. Sudah seharusnya, Setiap muslimbersungguh-sungguh menyiapkan diri menyambutnya.

Dengan apa menyambut Ramadhan?

Tentu yang paling utama adalah dengan niat yang benar untuk bersungguh-sungguh menjalankan ketaatan di Ramadhan. Niat yang benar ini menjadi sebab utama datangnya pertolongan Allah dan taufik-Nya.

Jika Allah mengetahui dalam hati kita terdapat niatan dan kehendak baik, ikhlas dan ketundukan niscaya Allah akan mendatangkan kepada kita kebaikan yang luas.

إِنْ يَعْلَمِ اللَّهُ فِي قُلُوبِكُمْ خَيْرًا يُؤْتِكُمْ خَيْرًا مِمَّا أُخِذَ مِنْكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

“Jika Allah mengetahui ada kebaikan dalam hatimu, niscaya Dia akan memberikan kepadamu yang lebih baik dari apa yang telah diambil daripadamu dan Dia akan mengampuni kamu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Anfal: 70)

Sebaliknya, siapa yang tidak tertanam niatan dan kehendak baik dalam dirinya untuk ibadah kepada Allah dan tunduk kepada syariat-Nya maka Allah akan palingkan dia dari petunjuk-Nya.

وَلَوْ عَلِمَ ٱللَّهُ فِيهِمْ خَيْرًا لَّأَسْمَعَهُمْ

Kalau sekiranya Allah mengetahui kebaikan ada pada mereka, tentulah Allah menjadikan mereka dapat mendengar.” (QS. Al-Anfal: 23)

Sesungguhnya Allah sangat memperhatikan isi hati seseorang. Bahkan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam telah mengabarkan bahwa Allah tidak melihat pada bentuk tubuh dan harta kita, tetapi Allah melihat kepada hati kita dan amal kita. Yaitu niatan baik dan kesungguhan fisik.

إِنَّ اللَّهَ لَا يَنْظُرُ إِلَى صُوَرِكُمْ وَأَمْوَالِكُمْ وَلَكِـنْ يَنْظُرُ إِلَى قُــــلُوبِكُمْ وَأَعْمَــالِكُمْ

Sesungguhnya Allah tidak melihat rupa dan harta kalian, melainkan melihat hati dan amal kalian.” (HR. Muslim)

Karenanya, tumbuhkan niatan baik dalam diri kita untuk menjadikan Ramadhan ini sebagai Ramadhan terbaik dengan ibadah dan ketaatan sehingga Allah memberi taufiq untuk kita. Wajib bagi hamba beriman untuk menanamkan niatan baik melaksanakan kebaikan-kebaikan di Ramadhan ini, bersungguh-sungguh di dalamnya. Wallahu A’lam. [PurWD/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version