View Full Version
Selasa, 27 Aug 2019

Perbedaan yang Berdzikir dan yang Tidak Berzikir

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam.  Shalawat dan salam atas Rasulullah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam pernah menggambarkan perumpamaan orang yang berdzikir kepada Allah seperti orang yang hidup, sementara orang yang tidak berdzikir kepada Allah seperti orang yang mati.

Dari Abu Musa Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

مَثَلُ الذِّي يَذْكُرُ رَبَّهُ وَالذِّي لاَ يَذْكُرُ رَبَّهُ مَثَلُ الْحَيِّ وَالْمَيِّتِ

Perumpamaan orang yang berdzikir kepada Allah dan orang yang tidak berdzikir, adalah seumpama orang yang hidup dan mati.” (HR. Al-Bukhari)

Dalam riwayat lain, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam juga mengumpamakannya dengan rumah. Rumah orang yang berdzikir kepada Allah adalah rumah manusia hidup, dan rumah orang yang tidak berdzikir adalah seperti rumah orang mati; atau kuburan.

Dengan dzikir kepada Allah bahwa hati dapat menjadi tenang dan tentram sebagaimana firman Allah Ta’ala,

الذِّيْنَ آمَنُوْا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللهِ أَلاَ بِذِكْرِ اللهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوْبُ

(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan dzikir kepada Allah. Ingatlah bahwa hanya dengan dzikrullah hati menjadi tenang.” (QS. Ar-Ra'du: 28)

Dengan ketengan jiwa, Allah Subhanahu wa Ta'ala memanggil seorang hamba untuk kembali ke haribaan-Nya guna mendapatkan keridhaan-Nya,

يَا أَيَّتُهَا النَّفْسُ الْمُطْمَئِنَّةُ ارْجِعِي إِلَىٰ رَبِّكِ رَاضِيَةً مَرْضِيَّةً فَادْخُلِي فِي عِبَادِي وَادْخُلِي جَنَّتِي

Wahai jiwa-jiwa yang tenang. Kembalilah kamu pada Rabmu dalam kondisi ridha dan diridhai. Maka masuklah kamu dalam golongan hamba-hamba-Ku. Dan masuklah kamu dalam surga-Ku.” (QS. Al-Fajr: 27-30)

Sahabat yang dirahmati Allah, Semoga kita semua termasuk hamba yang senantiasa mengingat Allah (dzikrullah). Wallahu a’lam. [PurWD/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version