View Full Version
Senin, 20 Feb 2023

Malam ini Masuk 1 Sya’ban, Baca Doa Awal Bulan ini!

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulilah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Hari ini, Senin (20/02/23) bertepatan dengan 29 Rajab 1444 H. Umur Rajab –seperti yang tercatat dalam sebagian kalender Islam- adalah 29 hari. Artinya, hari ini adalah hari terakhir bulan Rajab 1444 H. Nanti malam (Senin Malam Selasa), masuk bulan baru; Sya’ban 1444 H.

Menurut Kalender Islam Global Tunggal 1444 H yang disusun oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, 1 Syaban 1444 H jatuh pada Selasa, 21 Februari 2023. Penentuan awal bulan dalam kalender ini mengacu pada Kriteria Kongres Turki 2016.

Ada amal yang masyru’ saat memasuki bulan Sya’ban, yaitu membaca doa melihat hilal. Ini juga berlaku pada bulan-bulan selainnya.

اَللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالْإِيمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ

"Ya Allah, perjalankanlah bulan ini kepada kami dengan penuh kebajikan, iman, selamat dan Islam. Rabb-ku dan Robb-mu (bulan) adalah Allah."

Dari Thalhah bin Ubaidillah Radhiyallahu 'Anhu, bahwa Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam apabila melihat hilal beliau berucap:

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالْإِيمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ

"Ya Allah, perjalankanlah bulan ini kepada kami dengan penuh kebajikan, iman, selamat dan Islam. Rabb-ku dan Robb-mu (bulan) adalah Allah." (HR. Al-Tirmidzi, beliau berkata: ini adalah hadits hasan gharib. Syaikh Al-Albani berkata: Shahih)

Atau dengan redaksi lain dalam Sunan al-Darimi:

اَللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَالإِسْلاَمِ ، رَبِّى وَرَبُّكَ اللَّهُوالتَّوْفِيقِ لِمَا يُحبُّ ربُّنا ويَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ

"Allahu Akbar, Ya Allah perjalankanlah bulan itu kepada kami dengan membawa keamanan dan keimanan, kesematan dan Islam, serta taufiq kepada amal yang dicintai dan diridhai Tuhan kami, Rabb kami dan Rabbmu (hai bulan) adalah Allah."

Keterangan:

Doa ini dibaca saat melihat hilal Sya’ban dan bulan lainnya. Dibaca juga saat seseorang yakin terlah memasuki bulan baru Hijriyah. Hendaknya setiap muslim benar-benar memperhatikan awal bulan sehingga mendapat keutamaan dari doa ini, mengikuti Sunnah, dan meraih keberkahan dan keselamatan, teguh di atas iman dan islam.

Mari kita hidupkan Sunnah Mubarakah ini sehingga mendapatkan pahala menghidupkan Sunnah Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam.

Apalagi ini bulan Sya’ban yang termasuk bulan dianjurkan memperbanyak amal shalih di dalamnya. Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam memperbanyak shiyam, sebagaimana hadits dari ‘Aisyah Radhiyallahu 'Anha, karena banyak orang lalai dari ibadah di bulan tersebut. Hikmah lainnya, di bulan Sya’ban amal-amal tahunan diangkat kepada Allah Ta’ala. Tak kalah penting lagi, memperbanyak ibadah di Sya’ban sebagai persiapan memasuki bulan Ramadhan yang tiba sebentar lagi. Wallahu A’lam. [PurWD/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version