View Full Version
Kamis, 11 Jan 2024

Jum'at Malam Masuk 1 Rajab, Baca Doa Awal Bulan ini!

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulilah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Jum’at (12/01/24) malam masuk 1 Rajab 1445 H. Sebagaimana maklum bahwa Rajab adalah salah satu dari empat bulan Haram. Amal-amal shalih di dalamnya akan diperbanyak pahalanya. Demikian pula kemaksiatan, maka catatan dosanya juga lebih besar. Demikian penjelasan yang dinisbatkan kepada Ibnu Abbas dalam menafsirkan QS. Al-Taubah: 36.

Ditambah lagi, Rajab bulan yang dekat dengan Ramadhan. Memperbanyak amal di dalamnya juga sebagai persiapan diri memasuki bulan penuh keberkahan. Karenanya, penting sekali memperhatikan bulan dan meningkatkan ketaatan di dalamnya.

Disunnahkan berdoa di awal bulan hijriyah, termasuk bulan Rajab, meminta pertolongan dan taufiq dari Allah untuk mengisi perjalan satu bulan ibadah dan ketaatan. Berikut ini doa yang memasuki awal bulan Hijriyah, termasuknya Rajab.

اَللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالْإِيمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ

"Ya Allah, perjalankanlah bulan ini kepada kami dengan penuh kebajikan, iman, selamat dan Islam. Rabb-ku dan Robb-mu (bulan) adalah Allah."

Dari Thalhah bin Ubaidillah Radhiyallahu 'Anhu, bahwa Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam apabila melihat hilal beliau berucap:

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالْإِيمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ

"Ya Allah, perjalankanlah bulan ini kepada kami dengan penuh kebajikan, iman, selamat dan Islam. Rabb-ku dan Robb-mu (bulan) adalah Allah." (HR. Al-Tirmidzi, beliau berkata: ini adalah hadits hasan gharib. Syaikh Al-Albani berkata: Shahih)

Atau dengan redaksi lain dalam Sunan al-Darimi:

اَللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَالإِسْلاَمِ ، رَبِّى وَرَبُّكَ اللَّهُوالتَّوْفِيقِ لِمَا يُحبُّ ربُّنا ويَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ

"Allahu Akbar, Ya Allah perjalankanlah bulan itu kepada kami dengan membawa keamanan dan keimanan, kesematan dan Islam, serta taufiq kepada amal yang dicintai dan diridhai Tuhan kami, Rabb kami dan Rabbmu (hai bulan) adalah Allah."

Doa ini dibaca saat melihat hilal Rajab dan bulan lainnya. Dibaca juga saat seseorang yakin terlah memasuki bulan baru Hijriyah. Hendaknya setiap muslim benar-benar memperhatikan awal bulan sehingga mendapat keutamaan dari doa ini, mengikuti Sunnah, dan meraih keberkahan dan keselamatan, teguh di atas iman dan islam.

Mari kita hidupkan Sunnah Mubarakah ini sehingga mendapatkan pahala menghidupkan Sunnah Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam.

Apalagi ini bulan Rajab yang termasuk bulan haram dan dianjurkan memperbanyak amal shalih di dalamnya. Wallahu A’lam. [PurWD/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version