View Full Version
Senin, 04 Feb 2013

Pro Kontra Fatwa Memakan Masakan Kaum Pagan di Saudi

Senin, 23 Rabiul Awwal 1434 H / 4 Februari 2013 07:41 WIB

Semua makanan, kecuali daging, yang dimasak atau disiapkan oleh bukan Muslim adalah “halal” (diperbolehkan) untuk muslim untuk dimakan, Sheikh Saudi dan mantan hakim mengatakan kepada Al Arabiya dalam sebuah wawancara Rabu pekan lalu.

Pernyataan Sheikh Mohammed al-Jazlani datang karena pernyataan salah satu ulama, Sheikh Abdullah Al-Manie yang merupakan anggota senior dari Dewan ulama Arab Saudi , mengeluarkan fatwa melarang makanan yang disiapkan oleh pelayan asing yang bukan Muslim yang bekerja di Arab Saudi.

Dalam Negara Saudi , pekerja dari Indonesia dan Filipina merupakan mayoritas dari pekerja rumah tangga, termasuk pembantu, supir dan tukang kebun. Filipina, yang kebanyakan adalah bukan Muslim, pekerjanya sekitar 250.000, dan pekerja  Indonesia diperkirakan sebesar 900.000.

“Muslim diperbolehkan untuk makan makanan (kecuali daging) diolah atau dimasak tanpa adanya doa … dan ini disepakati oleh ulama Muslim,” kata Sheikh Jazlani Al Arabiya.

Dia menekankan bagaimanapun, bahwa umat Islam harus berhati-hati untuk tidak makan di piring  atau alat makan lainnya yang sebelumnya digunakan untuk melayani pemesan makanan babi atau alkohol.

Sebelumnya, Sheikh Manie telah menyerukan , bila merekrut pekerja yang non-Muslim dari luar negeri, dia mendesak agar lembaga imigrasi untuk lebih selektif dalam merekrut mereka. Dia mengatakan pelayan atau pekerja dari yang bukan agama samawi seharusnya hanya dipekerjakan untuk melakukan pekerjaan non-memasak seperti pekerjaan membersihkan, dan lain lain yang tidak berhubungan dengan makanan.

Ketika ditanya tentang bagaimana Muslim yang makan di restoran, ia berkata: “jangan bertanya atau curiga tentang hal itu kecuali jika Anda diberitahu bahwa ada pekerja yang memasak  di restoran tersebut adalah Buddha, hindu . hanya kemudian, itu akan menjadi dosa jika Anda tetap membeli makanan dari sana.” (DZ/Al arabiya)


latestnews

View Full Version