View Full Version
Selasa, 24 Sep 2019

Para Pemimpin Negara Komitmen Dukung Akses Kesehatan Universal

NEW YORK (voa-islam.com) - Para pemimpin negara mengadopsi deklarasi PBB tentang cakupan kesehatan universal selama pertemuan menjelang Debat Umum Di New York, Senin.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan itu sebagai "tonggak penting" dalam perjalanan menuju akses kesehatan bagi semua orang.

Negara berkomitmen untuk mendorong cakupan penuh bagi warga di empat bidang utama perawatan primer sebagai bagian dari visi cakupan kesehatan universal pada 2030.

"Cakupan kesehatan universal adalah pilihan politik: para pemimpin dunia saat ini telah mengisyaratkan kesiapan mereka untuk membuat pilihan itu. Saya mengucapkan selamat kepada mereka," kata Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Adhanom Ghebreyesus.

Dalam mengadopsi deklarasi tersebut, negara-negara anggota berkomitmen untuk berinvestasi dalam kebijakan yang akan mencegah kesulitan keuangan dalam pembayaran perawatan kesehatan yang tidak terjangkau.

Deklarasi itu juga bertujuan untuk menerapkan intervensi kesehatan berdampak tinggi untuk memerangi penyakit dan melindungi kesehatan wanita dan anak-anak.

Negara-negara akan melaporkan perkembangan mereka ke Majelis Umum PBB pada 2023.

Deklarasi itu diresmikan sehari setelah WHO dan para mitra menyatakan perlunya menggandakan cakupan kesehatan pada 2030, karena jika tidak, sekitar 5 miliar orang yang tidak dapat mengakses perawatan kesehatan.

WHO juga akan mengumumkan Rencana Aksi Global untuk kesehatan pada Selasa.[anadolu/fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version