View Full Version
Ahad, 27 Oct 2019

Obat Tekanan Darah Lebih Efektif di Waktu Tidur

BERLIN, JERMAN (voa-islam.com) - Sebuah studi baru menunjukkan bahwa orang harus sering minum obat tekanan darah pada waktu tidur karena mereka lebih baik mengontrol tekanan darah. Banyak orang dengan tekanan darah tinggi minum obat mereka di pagi hari, catat para peneliti di The European Heart Journal.

Menurut penelitian tersebut, mengonsumsi obat-obatan ini di malam hari mengurangi risiko terkena penyakit serius yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi, hingga hampir setengahnya. Menurut Kantor Berita Jerman, orang dengan tekanan darah tinggi seringkali harus minum obat setiap hari untuk menurunkan tekanan darah siang dan malam.

Sebagai bagian dari proyek Hygia yang melibatkan lebih dari 40 pusat medis di Spanyol, tim peneliti yang dipimpin oleh Profesor Ramon Hermida, dari Universitas Vigo, mencoba mencari waktu yang paling tepat untuk minum obat ini.

Lebih dari 19.000 pasien berpartisipasi dalam penelitian ini, setengahnya menerima obat tekanan darah sebelum tidur. Dokter memantau tekanan darah pasien ini selama enam tahun, setidaknya setahun sekali, menggunakan monitor tekanan darah yang telah ditempatkan pasien di tubuh mereka selama 48 jam. Mereka menemukan bahwa kelompok yang menggunakan obat-obatan mereka di malam hari mencapai hasil yang lebih baik dalam menurunkan tekanan darah. (AA)


latestnews

View Full Version