View Full Version
Senin, 02 Dec 2019

Pakar: Kanker Dapat Berefek Pada Setiap Keluarga Jika Gaya Hidup Tidak Berubah

UNI EMIRAT ARAB (voa-islam.com) - Perubahan segera dalam gaya hidup adalah suatu keharusan untuk mengendalikan 'epidemi kanker', atau jika tidak setiap keluarga di wilayah itu mungkin akan terkena penyakit itu dengan satu atau lain cara, seorang pakar kesehatan telah memperingatkan.

Meskipun wilayah tersebut belum memiliki database kanker yang tepat untuk menggambarkan skenario ini, rumah sakit onkologi mendaftarkan sejumlah besar pasien kanker, Dr Shahrukh Hashmi - direktur uji klinis di Rumah Sakit dan Pusat Penelitian Spesialis Rumah Sakit King Faisal di Arab Saudi - mengatakan kepada Khaleej Times di sela-sela Konferensi Onkologi Internasional baru-baru ini di Abu Dhabi.

Dr Hashmi, yang juga seorang profesor kedokteran di Mayo Clinic di Minnesota, AS, mengatakan bahwa sekitar 10 persen orang setengah baya dan lanjut usia di wilayah tersebut dipengaruhi oleh penyakit yang berbahaya. Jika perawatan segera tidak dilakukan, setiap keluarga mungkin terpengaruh.

"Konsumsi daging olahan dan menghisap rokok dan shisha, serta obesitas, berhubungan langsung dengan berbagai jenis kanker," katanya.

"Orang-orang harus mengubah kebiasaan mereka dan menjauh dari makanan cepat saji, daging olahan, dan merokok. Mereka juga harus meninggalkan gaya hidup yang menetap dan lebih sering pergi ke gym untuk mengendalikan obesitas, yang tidak hanya menyebabkan diabetes, tetapi sebagian besar kanker juga . "

Dr Hashmi juga mengatakan banyak uang yang dihabiskan untuk pengobatan kanker di wilayah GCC, tetapi program pencegahan yang berarti belum diberlakukan. "Pemerintah perlu lebih fokus pada upaya pencegahan daripada pengobatan," sarannya. (KT)


latestnews

View Full Version