View Full Version
Senin, 20 Jul 2020

Berkebun Selama Pandemi, Psikolog: Bisa Perbaiki Suasana Hati

BANDA ACEH (voa-islam.com) - Hobi berkebun selama pandemi Covid-19 memiliki beberapa manfaat yaitu sebagai sarana untuk melepas ketegangan kehidupan dan memperbaiki suasana hati. 

"Berkebun juga bisa menjadi sarana sebagai pengganti rekreasi karena tidak bisa keluar rumah dan bisa juga memiliki efek tarapeutik karena dengan melihat warna pohon, daun dan bunga juga memberi efek penyembuhan bagi psikis kita," kata kata Psikolog, Nur Janah Alsharafi, Jumat (17/7). 

Ia menjelaskan dengan berkebun juga menjadi sebagai sarana untuk meningkatkan kesehatan psikis, karena ruang terbuka hijau dapat menurunkan kecemasan, menstabilkan suasana hati dan dapat mengurangi depresi.

"Berkebun juga bisa meningkatkan serotonin, yaitu hormon yang dipercaya akan meningkatkan rasa nyaman dan tenang, selain itu bisa bersilaturahmi juga saat membeli tanaman," katanya.

Pemilik L.a Garden, Sampirlan mengaku selama pandemi penjualan di tempatnya mengalami peningkatan sampai 20 kali lipat dari pada hari normal. 

"Bunga yang paling banyak dicari saat ini bunga petunia dan bunga begonia," katanya.

Hal serupa juga disampaikan oleh pedagang pot bunga, Mursalin. Dia mengatakan selama pandemi ini penjualan pot bunga di tempatnya mengalami peningkatan hingga 80 persen.

"Saat ini kan banyak yang kerjanya dari rumah, jadi mereka banyak yang mau mempercantik taman di rumahnya," katanya.

Ia mengatakan, dalam satu hari jika barang masuk dari Medan dan Jakarta omzet penjualan bisa mencapai Rp10 juta. [syahid/voa-islam.com]

sumber: republika.co.id


latestnews

View Full Version