View Full Version
Sabtu, 13 Nov 2021

Ilmuan Terkemuka Klaim Bulan Miliki Cukup Oksigen Untuk 8 Miliar Manusia

CANBERRA, AUSTRALIA (voa-islam.com) - Atmosfer Bulan tidak mengandung oksigen yang cukup untuk kehidupan manusia, tetapi di bawah lapisan atas planet yang berbatu tersebut, ada cukup gas untuk menopang delapan miliar kehidupan manusia selama 100.000 tahun, menurut seorang ilmuwan terkemuka.

Dalam sebuah artikel yang ditulis minggu ini di The Conversation, John Grant, seorang dosen ilmu tanah di Universitas Southern Cross Australia menjelaskan bahwa Bulan mengandung banyak mineral yang mengikat erat dengan oksigen.

Grant mengklaim bahwa, bahkan jika seseorang mengabaikan oksigen yang terikat di dalam, bebatuan keras, regolith Bulan – lapisan atas berbatu – yang mudah diakses, dapat menampung oksigen yang cukup untuk delapan miliar orang untuk hidup selama 100.000 tahun.

Perhitungan ilmuwan tersebut didasarkan pada gagasan bahwa manusia membutuhkan 800g (28oz) oksigen sehari untuk bertahan hidup, dan regolith sedalam 10m (33ft). Dia menyatakan bahwa regolith Bulan terdiri dari 45% oksigen, yang semuanya terikat erat dengan mineral seperti silika, aluminium, dan besi dan magnesium oksida.

Sayangnya, meskipun batuan itu tidak dapat bernapas, proses mengekstraksi oksigen dalam jumlah besar dari mereka adalah proses yang mudah. Tapi ada masalah: itu sangat haus energi. Agar berkelanjutan, perlu didukung oleh energi matahari atau sumber energi lain yang tersedia di Bulan,” Grant mencatat.

Artikel Grant muncul setelah Badan Antariksa Australia dan NASA menandatangani kesepakatan pada bulan Oktober untuk mengirim rover ke Bulan dengan tujuan mengumpulkan batuan bulan dan mencoba mengekstraksi oksigen dari mereka.

Ilmuwan juga mencatat pengembangan reaktor eksperimental untuk meningkatkan proses pembuatan oksigen melalui elektrolisis oleh start-up Belgia. Teknologi baru dapat dikirim ke Bulan pada tahun 2025 sebagai bagian dari misi pemanfaatan sumber daya in-situ Badan Antariksa Eropa. (RT)


latestnews

View Full Version