View Full Version
Kamis, 07 May 2020

Keutamaan Jum'at di Ramadhan, Mari Semangat Ibadah!

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam.  Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Hari jum’at adalah hari terbaik dari tujuh hari dalam sepekan. Pada hari itu Allah ciptakan perkara-perkara besar seperti diciptakannya Adam, dimasukkan surga, dikeluarkan dari neraka, dan kiamat akan terjadi pada hari itu. Shalat Jum’at memiliki keutamaan besar. Lalu bagaimana kalau hari Jum’at itu ada di Ramadhan?.

Jabir berkata,

فَضْلُ الْجُمُعَةِ فِي رَمَضَانَ كَفَضْلِ رَمَضَانَ عَلَى الشُّهُورِ

“Keutamaan Hari Jum’at di Ramadhan seperti keutamaan Ramadhan atas semua bulan.”

Karenanya, ketika tiba hari Jum’at di Ramadhan 1441 Hijriyah hendaknya kita tambah rasa bahagia dalam hati. Karena bertemua dua waktu yang penuh keutamaan, Jum’at dan Ramadhan. Kemudian kita menambah semangat mengerjakan ibadah dan meningkatkannya. Di antara amal istimewa di hari Jum’at adalah shalat Jum’at,  membaca surat al-Kahfi, bershalat atas Nabi -Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, bersedekah dan berbuat baik kepada sesama, dan jangan lupa banyak berdoa di waktu-waktu mustajabnya.

Adapun amal-amal ibadah harian akan bertambah keutamaannya di hari Jum’at. Apalagi bertepatan di bulan Ramadhan al-Mubarak seperti shalat fardhu berjamaah, shalat Sunnah rawatib, shalat malam, shalat dhuha, banyak membaca Al-Qur’an, memperbanyak istighfar dan taubat, dzikrullah, bersilaturahim, dan semisalnya.

Al-Hamdulillah, Ramadhan tahun ini memiliki 5 kali hari Jum'at. Artinya keutamaan dari sisi waktu bertambah untuk umat Islam. Semoga Allah kita termasuk hamba yang bersyukur atas nikmat kesempatan istimewa dengan meningkatkan amal ibadah dan doa di waktu mustajab. Wallahu a’lam. [PurWD/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version