View Full Version
Senin, 19 Apr 2021

Syaikh Bin Bazz: Qunut Witir Boleh Setiap Malam

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam.  Shalawat dan salam atas Rasulillah dan keluarganya.

Mufti Besar Kerajaan Saudi Arabia, Syaikh Abdul Azin bin Bazz rahimahullah berpendapat bahwa doa qunut di shalat witir boleh dikerjakan setiap malam. Bahkan ulama yang telah wafat pada 1999 M. menyatakan hal itu termasuk sunnah.

Jawaban beliau ini atas pertanyaan, “sebagian ulama ada yang terus menerus qunut pada shalat witir setiap malam, apakah hal itu ada atasnya dari ulama kita terdahulu?”

لا حرج في ذلك بل هو سنة

“Tidak apa-apa mengerjakan hal itu, bahkan (qunut witir setiap malam,-pen) adalah sunnah,” jawab Syaikh yang dikenal ahli di bidang hadits, aqidah, dan fiqih.

[Baca: Hukum Doa Qunut Witir di Shalat Tarawih]

Beliau mendasarkan pendapatnya kepada hadits, saat Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam mengajarkan qunut di Shalat Witir kepada al-Hasan bin Ali radhiyallahu ‘anhuma tidak memerintahkannya untuk meninggalkannya di sebagian waktu dan tidak pula menyuruhnya untuk terus kontinyu menjalannya setiap malam. Hal ini menunjukkan bahwa kedua praktek qunut witir ini dibolehkan.

Amaliyah Ubay bin Ka’ab semakin mengokohkan pendapat ini . Saat beliau Radhiyallahu 'Anhu mengimami para sahabat di masjid Rasulilllah Shallallahu 'Alaihi Wasallam maka beliau tidak qunut di sebagian malam. Boleh jadi hal ini untuk memberitahu kepada khalayak bahwa qunut witir itu tidak wajib. Wallahu a’lam. [PurWD/islamway/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version