View Full Version
Sabtu, 27 Jul 2013

Seorang Tokoh Umat Islam Harus Punya Sikap Tegas Terhadap Syi'ah

JAKARTA (voa-islam.com) – Pemerhati kelompok sesat dan pakar Syi’ah, ustadz Farid Ahmad Oqbah, M.Ag mempertanyakan sikap seseorang yang dianggap sebagai tokoh umat Islam, namun tidak bisa menyampaikan secara tegas sikapnya terhadap Syi’ah.

Menurut ustadz Farid Oqbah, umat Islam sejatinya menunggu ketegasan sikap dari tokoh yang masih remang-remang terhadap kelompok sesat Syi’ah, bukan ucapan tentang Syi’ah itu adalah sesat atau Kafir.

Orang yang tidak jelas dan tegas sikapnya terhadap kesesatan Syi’ah, kata pengurus Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) ini, patut diduga mempunyai pemahaman aqidah yang tidak jelas pula.

...Jadi, kita tidak minta untuk mengkafirkan (Syi’ah -red). Tapi yang ditunggu umat dari orang-orang yang seperti itu, sikap anda terhadap Syi’ah itu seperti apa?...

“Jadi, kita tidak minta untuk mengkafirkan (Syi’ah -red). Tapi yang ditunggu umat dari orang-orang yang seperti itu, sikap anda terhadap Syi’ah itu seperti apa?,” tegasnya kepada voa-islam.com pada Kamis (25/7/2013).

Ustadz Farid Oqbah menjelaskan, antara Islam dengan Syi’ah mempunyai perbedaan yang jauh sekali dalam masalah keyakinan, ibadah, hukum dan mualamah dengan sesama manusia.

Di dalam ilmu aqidah ada konsep Al-Wala’ wal-Baro’. Al-Wala’ dalam artian siapa yang berhak dicintai, dijadikan teman dekat dan lain-lain. Sedangkan al-Baro’ yaitu siapa pula yang harus dibenci, dijauhi dan dimusuhi, dan lain sebagainya.

...Jadi kalau sebagai tokoh umat (Islam -red), harusnya punya sikap yang jelas dan tegas terhadap persoalan (Syi’ah -red) ini...

“Sekarang ajaran Syi’ah itu begini, rukun imannya beda, rukun Islamnya beda, sumber hukumnya beda, amalan ibadahnya beda, itu sikap anda apa? Makanya umat ini bertanya-tanya. Kalau sikapnya aja gak jelas, ya bagaimana mau berani mengkafirkan (Syi’ah –red),” ujarnya.

Direktur Islamic Center al-Islam Bekasi Jawa Barat ini menegaskan, orang yang tidak tegas sikapnya terhadap Syi’ah itu bermasalah. Maka, himbau ustadz Fariq Oqbah, jika tidak mau umat menjadi bingung dan menaruh curiga, maka sebagai tokoh umat Islam harus bisa bersikap tegas dengan kelompok sesat Syi’ah.

“Jadi kalau sebagai tokoh umat (Islam -red), harusnya punya sikap yang jelas dan tegas terhadap persoalan (Syi’ah -red) ini,” tandasnya. [Khalid Khalifah]


latestnews

View Full Version