View Full Version
Ahad, 18 Aug 2013

IPW: Penembakan Polisi Kriminal Biasa, Bukan Aksi Terorisme

JAKARTA (voa-islam.com) – Ketua Presidium Indonesian Police Watch (IPW), Neta S Pane menegaskan jika sejumlah penembakan terhadap anggota polisi akhir-akhir ini merupakan tindakan kriminal murni.

Kasus penembakan yang menewaskan polisi dinilai IPW tidak terkait dengan aksi terorisme. Pasalnya, pelaku penembakan dilakukan dari belakang, sedangkan teroris biasanya berhadap-hadapan.

“Biasanya teroris lebih berani dengan menembak dari depan bukan dari belakang. Penembakan dari belakang ini merupakan aksi kriminal pengecut,” kata Neta dalam siaran persnya pada Sabtu (17/8/2013).

...Biasanya teroris lebih berani dengan menembak dari depan bukan dari belakang. Penembakan dari belakang ini merupakan aksi kriminal pengecut...

Neta menduga, merebaknya aksi penembakan itu akibat kasus penembakan yang pertama kali terjadi tak kunjung terungkap. Sehingga para kriminal makin nekat melakukan “uji nyali” untuk menyerang polisi.

“Kalau kasusnya terungkap, trendnya pasti langsung berhenti,” jelasnya.

Untuk itu, Polri harus segera mengungkap kasus penembakan terhadap anggota polisi ini. Jika tidak, trendnya seperti itu akan terus muncul dan pelakunya bisa jadi adalah orang yang berbeda satu sama lain.

...Kalau kasusnya terungkap, trennya pasti langsung berhenti...

Seperti diberitakan www.voa-islam.com sebelumnya, IPW mencatat bahwa jumlah polisi yang tewas saat bertugas terus meningkat setiap tahunnya. Tahun 2012 ada 29 polisi tewas  dan 14 lainnya luka-luka saat menjalankan tugas.

Sebagian besar yang tewas yakni 24 polisi adalah polisi jajaran bawah akibat dibunuh pelaku kriminal. Angka ini mengalami kenaikan jika dibandingkan tahun 2011 bahwa jumlah polisi yang tewas saat bertugas hanya 20 orang.

Sementara itu dalam tiga bulan terakhir ini, sudah terjadi enam kali aksi kekerasan. Empat polisi ditembak, satu kasus polisi dirampok saat sedang tugas dan satu lagi rumah polisi ditembak orang tak dikenal. [Khal-fah/dbs]

BERITA TERKAIT :

  1. IPW Tegaskan Pelaku Penembakan Terhadap Polisi Bukan Teroris


latestnews

View Full Version