View Full Version
Senin, 11 Aug 2014

Semua Amir Wilayah JAT Keluar dan 6 Diantaranya Membentuk JAS

Bekasi (voa-islam.com) - Isu khilafah ISIS selain menyebabkan kriminalisasi simbol-simbol Islam dan penangkapan para aktifis juga menyebabkan Jamaah Anshorut Tauhid (JAT) kehilangan sebagian besar anggota dan pemimpinnya.

Sebagian besar anggota Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) beserta seluruh amir wilayahnya keluar setelah amir JAT ustadz Abu Bakar Ba'asyir dari dalam penjara Nusa Kambangan menyatakan baiat dan bergabung dengan khilafah yang diklaim ISIS. Amir wilayah JAT yang berjumlah 7 wilayah menolak baiat tersebut, 6 diantaranya menolak dengan terang dan 1 yaitu amir wilayah Banten menyatakan berdiam diri (tawaquf).

Ke-6 eks amir wilayah JAT beserta ribuan anggotanya itu lantas mendirikan jamaah baru bernama Jamaah Anshorusy Syariah (JAS). JAS dibentuk di Solo pada tanggal 20 Ramadhan 1435 Hijriah atau bertepatan 18 Juli 2014, dan diumumkan ke publik pada konferensi press di Asrama Haji Bekasi Senin (11/8/2014) sore tadi.

"Ustad Abu Bakar Ba'asyir sebagai amir jamaah Anshorut Tauhid mensyaratkan agar semua anggota jamaah anshorut tauhid adalah mereka yang bersedia untuk berbai'at pada khilafah islamiyah syaikh abu bakar al bagdady hafizdahullah namun ternyata dalam pandangan majelis syariah jamaah anshorut tauhid yang mensikapi deklarasi ini terbelah menjadi dua. Beberapa ustad mendukung dan beberapa yang lain menolak. Oleh karena itu kemudian terjadi berbagai diskusi." kata ustadz Fuad Al Hazimi kepada media dalam konferensi press di Asrama Haji, Bekasi, sebagaimana diliput oleh wartawan voa-islam.com Senin (11/8/2014) sore tadi.

"Maka kemudian beliau mengeluarkan sebuah amr (perintah) bagi yang tidak bersedia berbaiat diharuskan keluar dari jamaah Anshorut Tauhid (JAT) namun dengan himbauan agar tidak meninggalkan duduk berjamaah dan membentuk jamaah baru sebagai pengamalan ibadah jamaah." lanjutnya.

"Karena itulah kemudian kami segera menyusun rancangan pembentukan pada tanggal 20 Ramadhan di kota Solo, sehari setelah intruksi dari ustadz Abu Bakar Ba'asyir tersebut." terang ustadz Fuad.

"Dan pada siang hari ini kami telah menyelesaikan berbagai macam persyaratan untuk sebuah tandzim baik itu susunan pengurus, pengangkatan amir dan sebagainya." terangnya. (aj/voa-islam.com)

Berita Terkait:

Jamaah Ansharusy Syariah (JAS) Dideklarasikan di Bekasi 

Ustadz Fuad Al Hazimi: JAS Dibentuk Karena Tak Setuju Dengan ISIS

Semua Amir Wilayah JAT Keluar dan 6 Diantaranya Membentuk JAS

Jamaah Ansharusy Syariah Mengecam Penangkapan Ustadz Afif Oleh Densus 88

Kenapa JAS Tak Gabung Dengan Jamaah Yang Ada, Ini Jawaban Abdul Rachim Baasyir


latestnews

View Full Version