View Full Version
Kamis, 04 Sep 2014

Duta Besar Arab Saudi : Pemerintah Arab Saudi Tidak Akan Memindahkan Makam Nabi

JAKARTA (voa-islam.com) - Akhirnya, Duta besar Arab Saudi di Jakarta dalam pertemuan dengan Kementerian Agama, menegaskan pemerintah Saudi tidak berencana memindahkan makam Nabi Muhammad dari Masjid Nabawi di Madinah, kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Jakarta, Kamis, 4/9/2014.

Berita pemindahan makam Nabi Muhammad dari Masjid Nabawi telah menimbulkan kegemparan dikalangan Umat Islam di Indonesia. Tak kurang Ormas Islam, seperti NU dan Muhammadiyah sudah mengeluarkan pernyataan yang nadanya menolak pemindahan makam Nabi Muhammad itu.

"Duta besar memberikan klarifikasi berita, itu sumbernya dari The Independent, itu media dari Inggris, yang sebenarnya secara resmi dinyatakan oleh dubes itu bukanlah sikap resmi dari pemerintah Saudi Arabia," kata Lukman.

Penegasan ini dikeluarkan setelah beredar laporan tentang rencana pemindahan makam Nabi, yang kemudian menjadi pembicaraan di kalangan Muslim di Indonesia. Dalam artikel di koran Inggris The Independent disinggung soal proposal seorang akademisi untuk memindahkan makam Nabi.

Tapi di berita tersebut juga ditegaskan bahwa ini semua masih dalam taraf wacana dan belum ada keputusan sama sekali soal makam Nabi. Menurut sebuah sumber, sebenarnya rencana perluasan Masjid Nabawi, tempat Nabi Muhammad dimakamkan, sudah lama berkembang.

"Masjid Nabawi itu kan sudah memang kita lihat, setiap dinasti berusaha untuk memperluas masjid, memperbesar. Hanya umumnya mereka tidak ada yang berani merubah atau mengganti posisi makam Nabi," ujar sumber itu.

Selama ini, pemerintah Arab Saudi mengatakan setiap rencana perubahan terhadap tempat-tempat yang sangat dihormati masyarakat Muslim akan dipertimbangkan secara matang, dan tidak akan gegabah. [jj/dbs/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version