View Full Version
Ahad, 31 May 2015

Dr. Adian Husaini: Sekolah Islam Tergoda Jadi Institusi Bisnis

BOGOR (voa-islam.com) - Ahli pendidikan Islam Dr. Adian Husaini menyatakan bahwa beberapa sekolah Islam saat ini tergoda jadi institusi bisnis.

“Mereka terkena hubbud dunya,” kata Adian dalam Seminar Nasional Pendidikan Islam di Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor beberapa waktu yang lalu.

Adian menjelaskan bahwa tugas mendidik anak sebenarnya dibebankan kepada orang tua bukan kepada sekolah.  Al Quran menyatakan Hai orang-orang yang beriman jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.

Orang yang punya ilmu banyak tidak beradab menjadi biadab. Sangat berbahaya. Jadi anak-anak harus diajarkan adab kepada Allah, Rasul, ulama, guru, orang tua dan lain-lain

 

Dalam tafsir Ibnu Abbas dinyatakan ‘Didiklah agar beradab dan berilmu’, ketika menafsirkan ayat ini. Cendekiawan Islam ini menyatakan bahwa adab atau akhlak adalah hal yang pertama yang harus diajarkan kepada anak.

“Orang yang punya ilmu banyak tidak beradab menjadi biadab. Sangat berbahaya,” terangnya.

Jadi anak-anak harus diajarkan adab kepada Allah, Rasul, ulama, guru, orang tua dan lain-lain.

“Di UIKA Bogor untuk lulus menjadi doktor kita syaratkan tidak cacat aqidah dan akhlak,” tegas Adian yang Ketua Program Studi Pendidikan Islam Pasca Sarjana UIKA. [nh/sharia/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version