View Full Version
Kamis, 15 Feb 2024

Bantuan Kemanusiaan Baznas RI Untuk Palestina Tiba Di Pelabuhan El Arish

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) -  Bantuan kemanusiaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI bersama Lembaga Amil Zakat (LAZ), mitra, dan masyarakat Indonesia untuk disalurkan kepada rakyat Palestina telah sampai di Pelabuhan El Arish, Sinai Utara, Mesir, Selasa (13/2), waktu setempat.

Bantuan Baznas RI diangkut menggunakan KRI Radjiman Wedyodiningrat-992 beserta Satuan Tugas Port Visit Mesir 2024 itu disambut Deputy Chief Mission (DCM) M. Zaim A. Nasution dan Atase Pertahanan (Athan) RI untuk Kairo Kolonel (Kav) Aria Sanggita Saleh.

"Bantuan kemanusiaan tersebut selanjutnya diserahkan kepada perwakilan Bulan Sabit Merah Mesir atau Egyptian Red Crescent (ERC), Ahmed Buhaeri Ali," kata Ketua Baznas RI Prof. Noor Achmad dikutip Kamis (15/2/2024).

Setelah sampai di Pelabuhan El Arish, Noor berharap, proses pengiriman bantuan yang akan melewati Pintu Rafah, Mesir ini dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan, sehingga bantuan dapat segera diterima dengan baik oleh masyarakat Palestina.

“Bantuan kemanusiaan yang berasal dari masyarakat Indonesia yang disalurkan melalui BAZNAS RI ini berupa makanan siap saji, selimut, pakaian, alat kesehatan, tenda lapangan dan lain sebagainya. Semoga bisa cepat dterima rakyat Palestina,” kata Noor.

KRI Radjiman Wedyodiningrat-992 merupakan kapal bantu rumah sakit milik TNI AL yang mengangkut 214 personel ini, berlayar dari Jakarta pada 18 Januari 2024 lalu dari Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, membawa ratusan ton bantuan, termasuk bantuan kemanusiaan seberat 60 ton dari Baznas RI.

Bantuan seberat 60 ton tersebut merupakan gabungan dari bantuan pemerintah dan dunia usaha serta masyarakat Indonesia, termasuk Baznas. Bersama pemerintah, ada tiga lembaga kemanusiaan yang menghimpun bantuan untuk warga Palestina di Gaza, yakni Baznas, Palang Merah Indonesia (PMI), dan Humanitarian Forum Indonesia. (RMOL)


latestnews

View Full Version