View Full Version
Senin, 08 Apr 2024

Respons Jamaah Masjid Aolia Gunungkidul, Ketua MUI: Jelas Kesalahan, Perlu Diingatkan

JAKARTA (voa-islam.com) - Jamaah masjid Aolia Gunungkidul, Yogyakarta menetapkan 1 Syawal 1445 H pada Jum'at, 5 April 2024. 

Menanggapi hal tersebut, Ketua MUI Bidang Fatwa, Prof KH Asrorun Ni'am Sholeh dengan tegas mengatakan bahwa hal tersebut merupakan sebuah kesalahan yang sangat perlu untuk diingatkan.
 
"Kasus di sebuah komunitas di Gunungkidul itu jelas kesalahan, perlu diingatkan," ujar Kiai Ni'am di laman resmi MUI , Ahad (7/4/24).
 
Dia mengatakan bahwa kepercayaan yang diyakini oleh Jama'ah Aolia tersebut perlu dikaji lebih lanjut. Menurutnya jika hal tersebut merupakan ketidaktahuan masyarakat, maka harus segera diingatkan. Akan tetapi, jika praktik keagamaan tersebut dilakukan dengan sadar dan penuh keyakinan, maka hal tersebut dihukum haram.
 
"Bisa jadi dia melakukannya karena ketidaktahuan, maka tugas kita memberi tahu, kalau dia lalai, diingatkan," tuturnya.
 
"Kalau praktik keagamaan itu dilakukan dengan kesadaran dan menjadi keyakinan keagamaannya, maka itu termasuk pemahaman dan praktik keagamaan yang menyimpang, mengikutinya haram," kata dia menjelaskan.
 
Lebih lanjut, Kiai Ni'am juga menyampaikan bahwa penentuan terkait awal maupun akhir bulan Ramadhan ini telah ditentukan oleh syariat dan ada ilmunya. Maka tidak diperkenankan jika penentuannya berdasarkan dengan kejahilan.
 
"Bagi yang tidak memiliki ilmu dan keahlian, wajib mengikuti yang punya ilmu dan keahlian. Tidak boleh menjalankan ibadah dengan mengikuti orang yang tidak punya ilmu di bidangnya," kata dia. 
 
Sebelumnya, ribuan jamaah Masjid Aolia yang tersebar di Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah lebih awal pada Jumat (5/4/2024).
 
Pelaksanaan ibadah sholat Idul Fitri Jamaah Masjid Aolia dilaksanakan di sejumlah titik di Giriharjo. Sejumlah titik yang menggelar sholat Idul Fitri yakni Masjid Aolia dan kediaman Pimpinan Jamaah Masjid Aolia Raden Ibnu Hajar Pranolo di Dusun Panggang III, Giriharjo.
 
Jamaah mulai memadati tempat dilaksanakannya Sholat Idul Fitri pada pukul 06.00 WIB. Sholat Idul Fitri digelar pukul 07.00 WIB.
 
Imam Jamaah Aolia, Raden Ibnu Hajar Pranolo alias Mbah Benu mengatakan seluruh Jamaah Masjid Aolia telah melaksanakan Sholat Idul Fitri hari ini. Dirinya mengklaim jumlah pengikutnya tersebar di sejumlah provinsi, mulai dari Kalimantan, Sulawesi, Papua bahkan luar negeri.
 
Dia menuturkan penentuan 1 syawal didasarkan pada keyakinannya, di mana malam 30 Ramadhan bertepatan pada Kamis (4/4/2024). Dia mengaku penentuan Hari Raya Idul Fitri 2024 setelah 'Menelpon Allah'. (MUID)

 


latestnews

View Full Version