View Full Version
Senin, 11 Nov 2013

Pemimpin Senior dan Penyandang Dana Mujahidin Jaringan Haqqani Ditembak Mati di Pakistan

ISLAMABAD, PAKISTAN (voa-islam.com) - Kepala penyandang dana dari kelompok mujahidin jaringan Haqqani yang terkait Taliban telah ditembak mati di ibukota Pakistan Islamabad, sumber pejuang Islam mengatakan kepada Reuters, Senin (11/11/2013).

"Nasiruddin Haqqani tewas di Islamabad saat bepergian di dalam mobil dengan beberapa orang lainnya yang tidak teridentifikasi," kata salah satu sumber Taliban, menambahkan bahwa serangan terjadi pada hari Ahad.

"Tubuhnya telah dipindahkan ke Waziristan Utara."

Pada bulan Juni 2010, Departemen Keuangan Amerika Serikat menetapkan sanksi terhadap Nasiruddin Haqqani dan dua warga Afghanistan lainnya sebagai "teroris global yang ditunjuk khusus" karena pekerjaan mereka sebagai pemimpin senior dan penyandang dana untuk Taliban dan jaringan Haqqani.

Amerika Serikat juga telah mencap jaringan Haqqani, sebuah kelompok yang para pejabat AS salahkan atas berbagai serangan profil tinggi di Afghanistan, sebagai organisasi teroris pada September 2012.

Polisi Pakistan dan pejabat pemerintah yang tidak segera tersedia untuk komentar.

Almarhum Nasiruddin Haqqani adalah kakak dari Sirajuddin Haqqani, komandan gerilya yang memimpin jaringan Haqqani dan telah mengarahkan beberapa serangan paling berani terhadap pasukan AS di Afghanistan.

Sumber Taliban menegaskan bahwa tubuh Haqqani telah dipindahkan ke Waziristan Utara, kubu pejuang Taliban, yang berbatasan dengan Afghanistan .

"Pemakamannya dijadwalkan untuk 04:00 sore hari ini di daerah Miranshah," kata seorang sumber, merujuk pada ibukota daerah tersebut.

Jaringan Haqqani dinamai dari ayah mereka' Jalaluddin Haqqani, seorang veteran komandan mujahidin dari Afghanistan tenggara yang menjadi terkenal karena berjuang melawan pasukan pendudukan Uni Soviet pada 1980-an. (st/Reuters)

Foto: Nasiruddin Haqqani (kiri), bersama sang ayah dan pendiri Jaringan Haqqani, Jalaluddin Haqqani (kanan)


latestnews

View Full Version