View Full Version
Senin, 24 Mar 2014

Mujahidin Rebut Desa Kunci Kasab yang Berbatasan dengan Turki

LATAKIA, SURIAH (voa-islam.com) - Mujahidin di Suriah pada hari Senin (24/3/2014) menguasai sebuah desa kunci di perbatasan Turki ketika angkatan udara Suriah meluncurkan serangan di sepanjang perbatasan sehari setelah jet Ankara menembak jatuh sebuah pesawat tempur rezim Assad.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan bahwa para mujahidin kini mengendalikan secara penuh Kasab, penyeberangan perbatasan dengan Turki pertama yang direbut oleh pejuang oposisi Suriah di provinsi sensitif Latakia, jantung Presiden Bashar Al-Assad.

"Para pejuang oposisi memegang kendali alun-alun Kasab. Ada pertempuran di tepi Kasab, tetapi pejuang oposisi memegang penuh kendali desa itu sekarang," kata direktur Observatorium Rami Abdel Rahman.

"Para pejuang oposisi memegang kendali penuh terhadap penyeberangan Kasab yang berbatasan dengan Turki," katanya kepada AFP, empat hari setelah serangan mujahidin menargetkan daerah itu.

Pertempuran untuk merebut Kasab, yang diluncurkan oleh tiga kelompok mujahidin utama dari Jabhat Al-Nusrah, Sham Al-Islam dan Ansar Al-Sham, menewaskan sedikitnya 130 tentara rezim dan mujahidin pada hari Sabtu dan Ahad saja, kata Observatorium.

Kasab adalah penting karena letaknya yang strategis di daerah pegunungan di perbatasan Turki.

Desa ini juga penting karena terletak di provinsi Latakia, jantung dari sekte Syi'ah Alawit Assad.

Kemajuan mujahidin itu terjadi meski angkatan udara Suriah melakukan serangan dan menjatuhkan bom barel pada posisi mereka di daerah Kasab dan di dekat Jabal Turkman, kata Observatorium.

Karena pertempuran dan serangan udara, sebagian besar mayoritas penduduk Armenia Kasab telah melarikan diri, kata Abdel Rahman kepada AFP.

"Para pejuang oposisi menguasai kendali Kasab, tapi Kasab sekarang sangat berbahaya karena serangan udara dan pertempuran di dekatnya," katanya. (by/AFP)


latestnews

View Full Version