View Full Version
Sabtu, 09 Aug 2014

Mujahidin Tuntut Pertukaran Tahanan Untuk Pembebasan Tentara Libanon yang Mereka Tawan

LIBANON (voa-islam.com) - Mujahidin yang menangkap 19 tentara Libanon selama pertempuran di kota Arsal Libanon mengatakan pada hari Jum'at (8/8/2014) mereka menuntut pembebasan dari para tahanan mujahidin sebagai pertukaran untuk pembebasan para tentara.

Dua komandan yang dekat dengan kelompok yang menahan para tentara, berbicara melalui telepon, mengatakan tuntutan itu telah dikirim kepada pemerintah dan militer Libanon, yang  mendorong mujahidin dari kota perbatasan Arsal pada hari Kamis setelah lima hari pertempuran.

Tuntutan ini menimbulkan prospek krisis sandera berpotensi jangka panjang untuk pemerintah Libanon.

Satu sumber keamanan mengatakan mujahidin telah mengajukan sekitar 20 nama tahanan yang mereka tuntut untuk dibebaskan.

Serbuan ke Arsal oleh mujahidin termasuk dari Islamic State (IS) - kelompok yang sama yang telah menyita wilayah di Irak dan Suriah - menandai tumpahan paling serius dari tiga tahun perang sipil Suriah ke Libanon.

Mujahidin mundur dari Arsal ke daerah perbatasan bergunung-gunung setelah pertempuran di mana puluhan orang tewas, termasuk 17 tentara.

Para mujahidin mengatakan daftar dari tahanan yang mereka tuntut untuk dibebaskan termasuk Emad Gomaa, yang ditangkap Sabtu lalu yang memicu serbuan ke Arsal. Militer mengatakan serangan oleh mujahidin telah direncanakan lama.

Gomaa pernah menjadi komandan di Jabhat Al-Nusrah depan, afiliasi Al-Qaidah dalam perang sipil Suriah, tapi ia beralih afiliasi ke Islamic State beberapa pekan sebelum penangkapannya.

Para mujahidin juga menuntut pelepasan para pejuang Islam lainnya yang dipenjara sejak pemberontakan 2007 oleh kelompok yang terinspirasi Al-Qaidah pada sebuah kamp pengungsi Palestina di Libanon utara. (st/wb)


latestnews

View Full Version