View Full Version
Rabu, 08 Oct 2014

Mujahidin Taliban Pakistan Bantah Baiat Pada ISIS (IS)

Dera Ismail Khan  (voa-islam.com)  - Mujahidin Taliban Pakistan Senin (6/10/2014) membantah laporan-laporan akhir pekan bahwa pihaknya berjanji setia (baiat) pada gerakan IS (ISIS) yang berperang di Suriah dan Irak. Taliban Pakistan  mengatakan bahwa pernyataannya telah disalah tafsirkan oleh media.

Juru bicara resmi Taliban Pakistan, Shahidullah Shahid mengatakan satu pernyataannya Sabtu (4/10/2014) dimaksudkan sebagai ekspresi dukungan kepada semua kelompok gerilyawan Islam yang berperang di Irak dan Suriah dan berjuang melawan kepentingan-kepentingan Barat.

"Beberapa media tidak menyuarakan pernyataan kami dengan benar," kata Shahidulah kepada Reuters melalui telepon dari satu lokasi yang tidak diumumkan untuk mengklarifikasi pemberitaan Reuters yang sebelumnya salah tafsir.

"Kami tidak mendukung satu kelompok khusus di Suriah atau di Irak, semua kelompok di sana mulia dan mereka adalah saudara-saudara kami." terangnya.

Pada Sabtu (4/10/2014), Reuters dan media-media barat menyebut bahwa Shahidullah mengatakan Taliban Pakistan (TTP) akan memberikan "setiap dukungan yang mungkin" kepada IS (ISIS). Lantas media-media baratpun menafsirkannya sebagai pernyataan kesetiaan pada kelompok ISIS(IS).

Tetapi dua hari kemudian pada Senin (6/10/2014), Shahidullah mengatakan bahwa Taliban Pakistan tetap setia pada amirul mukminin Mullah Muhammad Umar mujahid, amir Imaroh Islam.

"Mullah Umar adalah pemimpin kami dan kami mengikutinya," katanya.

"Saya ingin mengklarifikasi sekarang front (Taliban Pakistan) mengarahkan terhadap sistem kafir di Islamabad," katanya dalam satu pernyataan, mengacu pada ibu kota Pakistan itu.

"Jika Mullah Umar memerintahkan kami, kami siap mengirim para petempur kami ke Suriah, Irak,Yaman atau medan tempur lainnya di dunia," kata pernyataan jubir Taliban Pakistan itu.

TPP sampai saat ini telah mengirim 1.000 sampai 1.500 mujahidin ke Suriah.

Ada 2 TTP

Saat ini TTP ada dua yaitu pimpinan Mullah Fazullah dengan Shahidullah Shahid sebagai jubirnya dan TTP Jamaatul Ahrar pimpinan Umar Khalid Khurasani dengan Ehsanullah Ehsan sebagai jubirnya. Namun kedua TTP itu telah menyatakan kesetiaannya pada Mullah Muhammad Umar, amir Imaroh Islam.

Sebelumnya Ehsanullah Ehsan, jubir TTP Jamaatul Ahrar juga telah membantah rumor bahwa TTP Jamaatul Ahrar baiat pada ISIS. Namun dia menyatakan dukungannya pada semua mujahidin Suriah dan Irak baik itu ISIS (IS), JN maupun lainnya dalam melawan koalisi bentukan Amerika Serikat.

Kedua TTP itu menguasai wilayah yang luas di distrik-distrik/agency-agency di negara bagian FATA (Federasi Wilayah Kesukuan) yang beribu kota di Peshawar, Pakistan. (aj/dbs)


latestnews

View Full Version