View Full Version
Rabu, 03 Dec 2014

Bom Syahid Habisi Rumah Dubes Iran untuk Yaman

SANAA (voa-islam.com) - Mujahidin Al Qaida wilayah jazirah Arab, AQAP, semakin digdaya di Yaman. AQAP diduga mengoperasikan serangan mematikan atas rumah kediaman duta besar Iran untuk Yaman di Sanaa, Rabu (3/12/2014).

Sedikitnya tiga orang pejabat kedubes Iran tewas dan belum diidentifikasi jumlah korban luka dalam serangan tersebut.

Ledakan itu meninggalkan lubang besar di rumah kedubes dan menyebabkan puing-puingnya terbang melintasi jalan diplomatik yang dijaga ketat dari kota itu, kata seorang saksi mata kepada Reuters.

Tentara Yaman dan paramedis tiba di lokasi dengan tandu. Abdullah Mahmoud, seorang prajurit, berkata bahwa penjaga Yaman dan Iran telah tewas dan paramedis di tempat kejadian mengatakan bahwa sementara ada tiga mayat dan tiga terluka telah diambil dari daerah tersebut.

Pemberontak Syiah yang didukung Iran menguasai Sanaa pada bulan September lalu dan mengkudeta negara Yaman. Namun hal itu memicu bentrokkan dengan pejuang suku ahlus sunnah wal jamaah (Sunni) yang bersatu dengan mujahidin Al Qaida wilayah jazirah arab, AQAP di Yaman.

Diplomat Iran juga telah menjadi target di Yaman di masa lalu. Salah satu diplomat Iran masih disandera oleh mujahidin Al Qaida dan satu lagi tewas tahun ini ketika ia melakukan perlawanan saat diculik. (az/dbs)


latestnews

View Full Version