View Full Version
Kamis, 12 Feb 2015

Al-Qaidah Yaman Rebut Markas Militer Pemerintah di Provinsi Shabwa

SHABWA, YAMAN (voa-islam.com) - Mujahidin afiliasi Al-Qaidah di Semenanjung Arab (AQAP) telah melancarkan serangan terhadap pangkalan militer pemerintah di provinsi selatan bergejolak Yaman, Shabwa, mengambil kontrol penuh dari markas tersebut, pejabat pemerintah setempat dan mengatakan.

Mujahidin Ansar al-Sharia mengatakan dalam sebuah pernyataan Twitter pada hari Kamis (12/2/2015) bahwa anggotanya telah sepenuhnya menguasai Brigade Infanteri ke-19 di kota Beihan, yang terletak 320 kilometer sebelah tenggara ibukota, Sana'a. Mujahidin juga menawan sejumlah tentara.

Kelompok itu mengatakan di akun Twitter-nya bahwa serangan terhadap pangkalan dekat kota Beyhan itu dimulai dengan serangan fajar bom mobil jibaku fajar di dekat pintu masuk, setelah itu para mujahidin berhasil menguasai tiga menara penjaga dan sebuah tank.

"Dengan sekitar 08:00 pagi, mujahidin telah memenjarakan sebagian besar tentara dalam (markas tersebut)," kata mereka.

Shabwa adalah kubu Al-Qaidah dan afiliasinya Ansar al-Sharia tahun-tahun sebelumnya mengambil keuntungan dari kekacauan politik Yaman dan kerusuhan untuk merebut seluruh distrik dan kota sebelum didorong kembali oleh tentara.

Dalam pernyataannya kelompok mujahidin itu juga mengkritik tentara Yaman karena berkolaborasi dengan pemberontak Syi'ah Houtsi.

Sumber suku di Shabwa menegaskan perebutan tersebut, mengatakan mujahidin Ansar al-Sharia merebut markas yang menampung 1200 higga 2000 tentara itu setelah baku tembak selama beberapa jam dengan pasukan pemerintah. Sedikitnya tujuh orang dilaporkan tewas dalam proses itu.

Selama beberapa bulan terakhir, mujahidin Al-Qaidah telah sering melakukan serangan terhadap pasukan keamanan Yaman. Mujahidin AQAP juga telah terlibat dalam pertempuran sengit dengan pemberontak Syi'ah Houtsi yang telah melakukan kudeta dan merebut kekuasan di negara itu. (an/Reuters)


latestnews

View Full Version