View Full Version
Sabtu, 09 May 2015

Mujahidin Suriah Tewaskan Seorang Komandan Lapangan Syi'ah Hizbullat di Qolamun

BEIRUT, LIBANON (voa-islam.com) - Mujahidin Suriah menewaskan seorang komandan lapangan militan Syi'ah Hizbullat Libanon, Ali Khalil Olyan, dalam sebuah serangan pre emptif besar terhadap posisi-posisi Syi'ah Hizbullat di pegunungan Qolamun Suriah yang berbatasan dengan Libanon.

"Setidaknya empat anggota Hizbullah (baca;Hizbullat), termasuk komandan lapangan Hizbullah, tewas dalam bentrokan dengan [pejuang oposisi] di Qalamoun," Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) melaporkan Selasa (5/5/2015) malam.

Halaman media sosial pro-Hizbullat Selasa pagi telah mempublikasikan pengumuman berkabung untuk Ali Khalil Olyan, yang sejumlah media berbahasa Arab mengidentifikasinya sebagai salah satu komandan militer Hizbullat untuk front Qalamoun.

Sky News Arabia mengutip sumber oposisi bersenjata Suriah yang mengatakan bahwa Olyan tewas dalam bentrokan yang meletus setelah mujahidin Suriah menyerang daerah perbatasan Libanon.

Sementara itu, An-Nahar melaporkan bahwa Hizbullat pada hari Selasa telah merespon ofensif mujahidin di Qalamoun dengan mencoba melakukan sebuah serangan menyelinap pada posisi mujahidin di dekat Assal al-Ward, sebuah desa Suriah yang terletak di seberang perbatasan dari Tfail Libanon.

"Pejuang oposisi memukul mundur serangan ini dan membunuh sejumlah anggota Hizbullah, termasuk salah satu komandannya," sumber itu mengatakan kepada harian Libanon.

Front Qalamoun telah meledak setelah mujahidin pada hari Senin meluncurkan serangan preemptive-besaran-besaran pada posisi Hizbullat.

Mujahidin yang memerangi militan Syi'ah Hizbullat di wilayah perbatasan pada Selasa secara resmi mengumumkan pembentukan koalisi "Jaisyul Fath Al-Qolamun" yang dimaksudkan untuk meniru keberhasilan Jaisyul Fath yang mengalahkan pasukan rezim di Idlib.

Jaisyul Fath Al-Qalamoun menyatukan bersama Jabhat Al-Nusrah, Tentara Qolamun yang berafiliasi dengan FSA dan Ahrar Al-Sham. (aa/NM)

Foto: Ali Khalil Olyan, komandan lapangan Syi'ah Hizbullat Libanon yang tewas dalam serangan mujahidin Suriah di Qolamun.


latestnews

View Full Version