View Full Version
Kamis, 06 Aug 2015

SOHR: Daulah Islam (IS) Rebut Kota Al-Qaryatain di Provinsi Homs dari Rezim Assad

BEIRUT, LIBANON (voa-islam.com) - Daulah Islam (IS) menguasai kota utama di provinsi Homs Suriah tengah semalam setelah bentrokan hebat dengan pasukan yang setia kepada Presiden Bashar Al-Assad, sebuah kelompok monitor mengatakan hari Kamis (6/7/2015).

IS memulai serangan pada Rabu pagi ketika tiga pembom jibaku menargetkan pos pemeriksaan pro-rezim di pintu masuk ke kota, menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris.

"IS merebut kota Al-Qaryatain di pedesaan tenggara Homs setelah bentrokan dengan pasukan pro-rezim dan pejuang loyalis Assad," kata Kepala Observatorium Rami Abdel Rahman kepada AFP.

Sebanyak 37 tentara rezim dan pejuang loyalis Assad tewas, sementara 23 pejuang IS juga gugur, kata Abdel Rahman.

Dia mengatakan kota itu memegang kepentingan strategis karena lokasinya di sepanjang jalan yang menghubungkan kota kuno Palmyra, yang telah dikuasai oleh IS sejak Mei, dengan wilayah Qolamun di provinsi Damaskus.

"Kontrol Al-Qaryatain memungkinkan IS untuk menghubungkan daerah-daerah di bawah kendali mereka di pedesaan timur Homs dengan wilayah di bawah kendali mereka di pedesaan timur Qolamun, dan memungkinkan untuk memindahkan pejuang dan perlengkapan antara kedua daerah tersebut," kata Abdel Rahman. (st/AFP)


latestnews

View Full Version