View Full Version
Sabtu, 08 Aug 2015

Penyerang Jibaku Taliban Tewaskan Sedikitnya 20 Taruna di Akademi Kepolisian Kabul

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Seorang penyerang jibaku Taliban telah menyerang dekat akademi polisi Kabul, menewaskan sedikitnya 20 taruna dan melukai 27 lainnya, kata para pejabat, dalam serangan besar kedua di ibukota Afghanistan dalam 24 jam.

Pembom itu berhasil menempatkan dirinya dalam antrian ketika para taruna polisi itu sedang menunggu untuk diperiksa sebelum memasuki akademi, seorang pejabat intelijen senior mengatakan kepada kantor berita AFP, Jum'at (7/8/2015), meminta anonimitas.

"Seorang pembom jibaku berjalan kaki meledakkan dirinya di dekat akademi," kata Wakil Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Najib Danish.

Wartawan Al Jazeera Jennifer Glasse, melaporkan dari Kabul, mengatakan bahwa pertempuran masih berlangsung dekat dengan bandara di mana ledakan keempat terjadi.

Insiden tersebut, yang datang ketika para taruna kembali ke akademi setelah akhir pekan dua hari mereka.

Para pejabat keamanan bersenjata berat mengepung daerah tersebut dan ambulans dengan sirene meraung-raung terlihat bergegas ke tempat kejadian.

Akademi di barat Kabul adalah lembaga pelatihan utama untuk pasukan polisi di Afghanistan, dengan antara 2.000 hingga 3.000 taruna lulus setiap tahun.

Pemboman terjadi kurang dari 24 jam setelah sebuah bom truk merobek pusat Kabul, menewaskan 15 orang dan melukai 240 orang lain dalam serangan besar pertama di ibukota Afghanistan sejak pengumuman kematian pemimpin Taliban Mullah Muhammad Umar.

Taliban telah mengaku bertanggung jawab atas serangan polisi akademi, juru bicara kelompok itu, Zabiullah Mujahid, mengatakan kepada kantor berita AFP.

Pemboman itu datang sehari setelah para pejuang Taliban menewaskan sembilan orang dalam beberapa serangan terhadap target polisi, termasuk pemboman truk di provinsi timur Logar. (st/aje)


latestnews

View Full Version