View Full Version
Senin, 10 Aug 2015

Jaiysul Fath Rebut Desa-desa yang Dikuasai Rezim Assad di Sahl Al-Ghab

BEIRUT, LIBANON (voa-islam.com) - Koalisi Jaisyul Fath telah kembali menguasai beberapa desa di barat laut Suriah dari pasukan pemerintah dan telah maju melampaui desa-desa tersebut, merayap mendekati kubu pesisir Presiden Bashar Al-Assad, sebuah kelompok aktivis dan sumber-sumber lain, mengatakan hari Ahad (9/8/2015).

Pasukan gabungan yang terdiri dari beberapa brigade Islam termasuk afiliasi Al-Qaidah di Suriah, Jabhat Al-Nusrah, melancarkan serangan balasan setelah pasukan pemerintah, yang didukung oleh kelompok-kelompok militan Syi'ah sekutu, pekan lalu merebut kembali desa-desa di dataran Sahl Al-Ghab, yang terletak dekat dengan kota Hama dan sangat penting untuk pertahanan wilayah pesisir yang merupakan jantung dari sekte minoritas Alawit Assad.

Pada hari Ahad, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) yang berbasis di Inggris mengatakan serangan balasan para pejuang Islam 'memaksa tentara Suriah untuk mundur dari desa-desa seperti Mansoura, Ziara dan Tal Waset menuju pangkalan laut dari kota Hama.

Tujuh pesawat tempur dan helikopter pemerintah melakukan 80 serangan di desa-desa yang terletak di dataran tersebut, Observatorium menambahkan.

Sebuah sumber yang dekat dengan pemerintah Suriah menegaskan kemajuan pejuang oposisi di daerah itu.

Pejuang oposisi Suriah telah membuat keuntungan di beberapa bagian Suriah dalam beberapa bulan terakhir, termasuk menangkap sebagian besar provinsi Idlib ke timur laut dari dataran Sahl al-Ghab.

Dalam beberapa bulan terakhir rezim telah menderita kerugian besar di utara Suriah dan timur, serta dekat jantung pesisir provinsi Latakia.

Pasukan koalisi Jaisyul Fath membuat keuntungan di dataran Sahl Al-Ghab, yang berbatasan dengan provinsi Latakia dan Idlib, mendorong koalisi pejuang oposisi Suriah itu mendekat ke daerah markas militer rezim di Jureen.

Jika koalisi Jaisyul Fath berhasil menangkap Jureen, mereka akan dapat maju ke pegunungan Latakia dan memsekte bom beberapa komunitas dari sekte Alawit. Serangan hari Ahad pada wilayah perumahan di barat laut provinsi Idlib menewaskan sembilan orang, termasuk tujuh anak, Observatorium mengatakan.

Empat tewas dalam serangan udara rezim Assad di sebuah sekolah di kota Zardanah sementara lima lainnya meninggal ketika pejuang oposisi membombardir Fuaa dan Kafraya, dua kota Syi'ah terakhir yang dikuasai rezim di provinsi ini. (st/Reuters)


latestnews

View Full Version