View Full Version
Jum'at, 18 Sep 2015

Kelompok Al-Shabaab Rebut 2 Pangkalan Militer Somalia di Shabelle Bawah

MOGADISHU, SOMALIA (voa-islam.com) - Mujahidin Al-Shabaab menyerbu dua pangkalan militer Somalia pada hari Jum'at (19/9/2015) dan menewaskan sedikitnya tujuh tentara, kelompok itu dan militer mengatakan, sehari setelah afiliasi Al-Qaidah di itu merebut kembali sebuah kota di selatan.

Penyerbuan di pangkalan militer di kota Yaqbariweyne di wilayah Shabelle Bawah dan merebut kembali kota Janale setelah pasukan Afrika keluar adalah keuntungan terbaru dalam serangan oleh kelompok yang telah membantu mereka merebut beberapa kota bulan ini.

Pemerintah Somalia telah mengecilkan kemenangan Al-Shabab, mengatakan daerah direbut kembali tidak memiliki nilai strategis. Namun serangan itu telah menunjukkan kelompok itu dapat menjaga tekanan pada pemerintah yang didukung Barat.

"Kami merebut dua pangkalan militer Yaqbariweyne dalam pertempuran sengit pagi ini," kata juru bicara operasi militer Al-Shabab, Syaikh Abdiazis Abu Musab, kepada Reuters. Tiga belas tentara tewas, katanya.

Osman Abdullahi, seorang perwira militer, mengaku kepada Reuters hanya tujuh tentara tewas dan lima lainnya luka-luka.

"Para prajurit membela diri mereka sendiri dan sekarang mereka memerangi Al-Shabaab di pinggiran kota," katanya.

Sebelumnya pada hari Kamis, Al-Shabaab mengatakan telah direbut kembali kota Janale, sekitar 90 km selatan Mogadishu. Ali Nur, pejabat pelaksana gubernur Shabelle Bawah, menegaskan penangkapan kota tersebut.

"Ini memalukan dan akan sulit bagi warga untuk mempercayai pemerintah Somalia dan pasukan Uni Afrika (AU)," kata Nur kepada Reuters. Ia mengatakan Al-Shabaab sekarang menguasai sebagian besar dari Lower Shabelle, sebuah daerah yang meluas ke selatan Mogadishu. (st/Reuters)


latestnews

View Full Version