View Full Version
Ahad, 27 Sep 2015

Islamic Jihad Union Kuasai Wilayah Perbatasan Afghanistan dan Tajikistan

KUNDUZ, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Islamic Jihad Union (IJU), sebuah kelompok terkait Al-Qaidah dan Taliban yang beroperasi di Afghanistan, telah mengatakan menguasai daerah yang luas dari perbatasan utara dengan Tajikistan, The Long War Journal melaporkan hari Jum'at (26/9/2015).

Kelompok jihad ini merilis beberapa foto dari sebuah tim kecil pejuang mereka yang menyeberangi Sungai Amu Darya di provinsi Kunduz Afghanistan utara sebagai bukti dari pernyataan mereka.

Foto-foto tersebut diterbitkan pada Sodiqlar, situs resmi IJU. Para pejuang itu diangkut ke gundukan pasir pada titik dangkal di sungai, dan kemudian menyeberang sebagai satu kelompok ke Tajikistan. Penyebrangan itu berlangsung di siang hari bolong.

Tidak jelas persis di mana penyebrangan itu berlangsung, tetapi kemungkinan terjadi di distrik Qala-i-Zal, satu-satunya distrik di Kunduz yang berbatasan Sungai Amu Darya. Distrik Imam Sahib dan Dasht-i-Archi di Kunduz utara, yang juga berbatasan Tajikistan dan Sungai Panj, dianggap sedang diperebutkan atau dikendalikan oleh Taliban.

IJU mengatakan mereka "mengendalikan banyak wilayah yang berbatasan Tajikistan," menurut sebuah pernyataan yang menyertai foto-foto tersebut.

"Kelompok kami memiliki banyak pengikut dan pendukung di antara penduduk setempat dan bebas beroperasi di tepi Sungai Amu Darya yang memisahkan Afghanistan dan Tajikistan. Mujahidin sedang memantau bagian dari perbatasan yang dijaga oleh orang-orang kafir [pasukan keamanan Afghanistan dan Tajik], mempelajari titik lemah dan juga mengumpulkan informasi, "ujar IJU.

Situasi yang memburuk di perbatasan Afghanistan-Tajikistan telah memaksa pemerintah Tajikistan untuk mempertimbangkan mengizinkan pasukan Rusia untuk disebar sepanjang perbatasan. Selain ketidakstabilan di Kunduz, yang diperebutkan oleh Taliban dan sekutu, Taliban dilaporkan memiliki kontrol terhadap daerah perbatasan di provinsi timur laut Badakhshan.

IJU adalah sebuah cabang dari Gerakan Islam Uzbekistan (IMU), yang bergabung dengan Daulah Islam (IS) selama musim panas ini. IJU bersumpah setia kepada amir baru Taliban, dan telah aktif dalam ofensif musim semi Taliban "Azm Operation". st/tlwj)


latestnews

View Full Version