View Full Version
Senin, 16 Nov 2015

AS Klaim Tewaskan Komandan Tertinggi Daulah Islam (IS) Libya

DAMASKUS, SURIAH (voa-islam.com) - Seorang komandan Daulah Islam (IS) di Libya telah gugur dalam serangan udara AS, Pentagon mengumumkan pada hari Sabtu (14/11/2015).

Abu Nabil, alias Wissam Najm Abd Zayd al Zubaydi, dilaporkan gugur dalam serangan udara AS.  "Abu Nabil, seorang warga negara Irak, adalah agen lapangan lama Al-Qaidah," kata Pentagon dalam sebuah pernyataan.

Dia baru saja mulai mempimpin operasi-operasi militer IS di Libya. "Operasi ini diberi wewenang dan dimulai sebelum serangan teroris di Paris," kata sekretaris pers Pentagon Peter Cook.

"Pada tanggal 13 November, militer AS melakukan serangan udara di Libya terhadap Abu Nabil, Wissam Najm Abd Zayd al Zubaydi, yang merupakan warga negara Irak adalah agen lapangan lama Al-Qaidah dan pemimpin senior (IS) di Libya."

"Pelaporan menyatakan Abu Nabil juga mungkin telah menjadi juru bicara dalam video eksekusi Kristen Koptik bulan Februari 2015," pernyataan itu menambahkan, mengacu pada video yang menunjukkan pemenggalan 21 Kristen Koptik Mesir.

"Kematian Nabil akan menurunkan kemampuan (IS) untuk memenuhi tujuan kelompok mereka di Libya, termasuk merekrut anggota baru, membangun pangkalan di Libya, dan merencanakan serangan eksternal di Amerika Serikat," kata Cook.

"Meskipun bukan serangan pertama AS terhadap teroris di Libya, ini adalah serangan pertama AS terhadap seorang pemimpin (IS) di Libya dan hal ini menunjukkan kita akan memburu para pemimpin (IS) di mana pun mereka beroperasi." (an/ARA)


latestnews

View Full Version