View Full Version
Sabtu, 10 Dec 2016

Pejuang Islamic State (IS) Tembak Jatuh Jet Tempur Suriah di Kota Kuno Homs

HOMS, SURIAH (voa-islam.com) - Islamic State (IS) mengatakan telah menembak jatuh sebuah pesawat tempur rezim Suriah di dekat kota bersejarah Palmyra ketika mereka melancarkan serangan besar untuk mengambil daerah kaya minyak di provinsi timur Homs.

Kantor berita terkait IS, A'maaq mengatakan Sabtu (10/12/2016) bahwa pejuang IS menembak jatuh jet dekat ladang minyak Jazal barat dari kota, yang merupakan rumah bagi reruntuhan terkenal berusia 2.000 tahun.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris mengatakan jet pemerintah itu jatuh di daerah Jazal.

Kelompok pemantau ini melaporkan pejuang IS menyerang posisi rezim 4 kilometer (2,5 mil) dari Palmyra, yang rezim rebut kembali dari IS dalam gembar-gembor besar pada bulan Maret.

Komite Koordinasi Palmyra yang dijalankan para aktivis mengatakan jet itu adalah MiG-23.

Islam State pada hari Jum'at membuat keuntungan baru di wilayah yang kaya gas, menimbulkan kerugian besar di tengah jajaran rezim dan milisi sekutu Pertahanan Nasional, kata aktivis.

IS melancarkan serangan besar terhadap pasukan rezim di dekat distrik al-Shaer dan al-Muhr di mana sumber daya strategis utama Suriah, gas berada.

Media sosial Pro-rezim mengungkapkan keadaan panik di tengah di Homs ketika laporan mengatakan IS telah menimbulkan kekalahan memalukan di dekat lapangan gas al-Shaer.

Observatory mengatakan Jum'at bahwa serangan IS dekat Palmyra telah menewaskan sedikitnya 49 pasukan pro-rezim. (st/TNA) 


latestnews

View Full Version