View Full Version
Sabtu, 18 Jan 2020

Taliban Berencana Akan Tandatangani Kesepakatan Damai dengan AS Akhir Januari

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Taliban bermaksud untuk mencapai kesepakatan penarikan dengan AS pada akhir Januari dan siap untuk "menurunkan" operasi militer mereka sebelum menandatangani perjanjian, menurut juru bicara utama kelompok mujahidin Afghanistan tersebut.

Pernyataan Suhail Shaheen kepada harian Pakistan Dawn datang ketika kelompok itu dan AS mengadakan diskusi di Doha pekan ini, setelah sumber-sumber jihadis itu mengatakan kepada AFP bahwa mereka telah menawarkan untuk memulai gencatan senjata singkat.

"Kami telah sepakat untuk mengurangi operasi militer dalam beberapa hari menjelang penandatanganan perjanjian perdamaian dengan Amerika Serikat," kata Shaheen kepada Dawn dalam sebuah laporan yang diterbitkan Sabtu (18/1/2020).

Dia menambahkan bahwa Taliban "optimis" kesepakatan dengan Washington dapat ditandatangani sebelum akhir bulan dan bahwa pengurangan pertempuran di seluruh negeri juga akan mencakup penargetan pasukan Afghanistan.

"Sekarang tinggal beberapa hari," kata juru bicara itu.

Washington selama berminggu-minggu telah menyerukan kepada Taliban untuk mengurangi serangan, menjadikannya sebagai syarat untuk melanjutkan kembali perundingan formal pada sebuah perjanjian yang akan membuat pasukan AS mulai meninggalkan negara itu dengan imbalan jaminan keamanan, setelah pertarungan hampir dua dasawarsa.

Taliban dan AS telah menegosiasikan kesepakatan selama satu tahun dan berada di ambang pengumuman pada September 2019 ketika Presiden Donald Trump tiba-tiba menyatakan proses itu "mati", mengutip serangan fatal Taliban.

Pembicaraan kemudian dimulai kembali antara kedua pihak pada bulan Desember di Qatar, tetapi dihentikan sementara setelah serangan di dekat pangkalan militer Bagram di Afghanistan, yang dijalankan oleh AS.

Setiap perjanjian dengan Taliban diperkirakan memiliki dua pilar utama - penarikan Amerika dari Afghanistan, dan komitmen oleh pejuang Islam Afghanistan itu untuk tidak menawarkan perlindungan bagi para jihadis - dan pada akhirnya harus diberikan persetujuan akhir oleh Trump.

Hubungan Taliban dengan Al-Qaidah adalah alasan utama yang dikutip untuk invasi AS lebih dari 18 tahun yang lalu.

Kesepakatan diharapkan akan membuka jalan bagi pembicaraan intra-Afghanistan.

Banyak pengamat setuju bahwa perang tidak lagi dapat dimenangkan secara militer, dan bahwa satu-satunya rute menuju perdamaian abadi di Afghanistan adalah untuk kesepakatan antara Taliban dan pemerintah yang didukung AS di Kabul.

Taliban hingga saat ini menolak untuk bernegosiasi dengan pemerintah Afghanistan, yang mereka anggap sebagai rezim boneka, menimbulkan kekhawatiran bahwa pertempuran akan terus berlanjut terlepas dari kesepakatan apa pun yang disepakati dengan Amerika. (AFP)


latestnews

View Full Version