View Full Version
Kamis, 17 Oct 2019

Membaca Surat Al-Ikhlas dan An-Nas di Shalat Dhuha, Boleh?

Soal:

Assalamualaikum... Ketika melaksanakan shalat Dhuha selesai baca surat Al-Fatihah di lanjut kan surat Al-Ikhlas sama surat An-Naas, apakah shalat Dhuha nya sah? Terimakasih ...

Muhammad Kohar

Jawab:

Wa’alaikumus Salam Warhamatullah,,, Alhamdulillah. Shalawat dan salam atas Rasulillah -Shallallahu 'Alaihi Wasallam- dan keluarganya.

Tidak ada ketentuan membaca surat tertentu dalam shalat Dhuha –maksudnya: setelah membaca Al-Fatihah-. Tidak dalil shahih yang menganjurkan membaca surat khusus di shalat Dhuha, seperti surat Al-Syams, Al-Dhuha, Al-Kafirun, Al-Ikhlas atau surat-surat lainnya.

Tetapi seorang muslim boleh memilih surat atau beberapa ayat yang disukainya untuk dibaca di shalat Dhuha. Dengan keyakinan bahwa tidak harus membaca surat ini. Boleh juga membaca surat atau ayat-ayat selainnya. Karenanya, jangan rutinkan jenis surat atau ayat tertentu di shalat Dhuha ini. Khawatir dianggap sebagai keharusan. Hendaknya terkadang dia membaca surat yang berbeda.

Silahkan Anda membaca surat yang sudah dihafal. Jika Anda baru hafal dua surat itu saja, maka silahkan. Jika telah hafal surat-surat selainnya, silahkan baca juga surat-surat yang lain.  

Adapun pertanyaan, membaca kedua surat tersebut di shalat Dhuha adalah sah. Maka shalat Anda sah dengan membaca 2 surat tersebut. Bacaan Al-Qur’an yang wajib di setiap rakaat shalat hanya surat Al-Fatihah. Wallahu A’lam. [PurWD/voa-islam.com]

* Dijawab: Ust. Badrul Tamam

* Kirimkan artikel atau pertanyaan ke [email protected] / 087781227881 (SMS/WA)


latestnews

View Full Version