View Full Version
Kamis, 10 Sep 2020

Cara Menghilangkan Rasa Was-Was

Soal:

Saya selalu was-was ustadz, setiap kali saya was-was saya selalu berbuat yang tidak-tidak. Bagaimana cara menghilangkan rasa was-was saya ustadz?

08233968****

Jawab:

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah. Shalawat dan salam atas Rasulullah dan keluarganya.

Setan tidak akan berhenti menggelincirkan manusia dari jalan lurus. Jika dia merasa kalah untuk menyesatkan seseorang maka ia akan menempuh cara lain, salah satunya dengan was-was (waswasah). Dengan ini dia akan tersiksa dengan amal-amalnya karena bisikan waswasah setan itu.

Perlu diketahui bahwa waswasah dilancarkan setan kepada hamba yang sedang menapaki jalan keshalihan. Sekaligus ini menunjukkan iman dan keyakinan seseorang.

Disebutkan dalam riwayat Muslim, dari Abu Hurairah, beliau berkata: ada beberapa orang sahabat datang kepada Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, lalu bertanya tentang perkataan yang sangat membebani seseorang di antara mereka. Beliau menjawab bahwa itu tanda adanya iman.

Beliau juga mengabarkan bahwa setan akan datang kepada seseorang lalu membisikkan bertanyaan, “siapa yang menciptakan ini, siapa yang enciptakan itu?”. Ujung bisikannya “siapa yang menciptakan tuhanmu?” jika seseorang mendapati bisikan ini dalam dirinya hendaknya ia berlindung kepada Allah dan menyudahi mempertanyakan hal itu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Berikut ini 3 langkah mengatasi was-wasa setan:

Pertama, was wasah dari setan. Tujuannya, utk menyusahkan orang Islam sehingga menjauhi keshalihan. Kedua, sibuk atau lalai dari subtansi ibadah. Jangan turuti keinginan setan.

Kedua, berlindung kepada Allah dari godaan dan gangguan setan.

Ketiga, berpegang dengan petunjuk atau ilmu. Palingkan diri dari menyelisihi ilmu. wallahu a'lam. [PurWD/voa-islam.com]

  • Dijawab: Badrul Tamam
  • Kirimkan artikel atau pertanyaan ke [email protected] / 087781227881 (SMS/WA)

latestnews

View Full Version