View Full Version
Sabtu, 28 Nov 2020

Bulu Kucing Najis?

Soal:

Assalaamualaikum ustadz..Afwan ustadz, benarkah bulu kucing najis??

08770514****

Jawab:

Wa'alaikumus Salam Warahmatullah . . .

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah. Shalawat dan salam atas Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam, keluarga dan para sahabatnya.  

Bulu kucing tidak najis. Demikian pula air liurnya. Itu tidak najis. Yang najis dari kucing hanya air kencing dan kotorannya saja.

Dalil sucinya bulu kucing dan air liurnya ditunjukkan oleh hadits dari Abu Qotadah Radhiyallahu 'Anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda tentang kucing:

إنَّهَا لَيْسَتْ بِنَجَسٍ إنَّمَا هِيَ مِنْ الطَّوَّافِينَ عَلَيْكُمْ

-Bahwa kucing itu- tidaklah najis. Ia adalah termasuk hewan berkeliaran di sekitarmu.” (HR. Ashabus Sunan, dan dianggap shahih oleh Tirmidzi dan Ibnu Khuzaimah)

Di antara faidah hadits ini bahwa kucing bukan hewan yang najis, sehingga tidak ternajisi apa-apa yang disentuhnya dan air yang dijilatnya.

Alasan (‘illah) tidak najis tersebut adalah karena kucing merupakan hewan yang banyak mondar-mandir dan merupakan hewan pelayan yang melayani majikannya, kucing tersebut bersama manusia di rumah-rumah mereka dan tidak mungkin mereka melepaskan diri darinya. Wallahu a'lam. [PurWD/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version