View Full Version
Sabtu, 29 Jul 2023

Baju Pemberian Non Muslim Boleh Untuk Shalat?

Soal:

Assalamu ‘Alaikum Ustadz, saya mau bertanya. Pertama, Apakah boleh mengambil air wudhu di kamar mandi yang ada klosetnya?

Kedua, bolehkah memakai pakaian pemberian non muslim? Apakah baju pemberian non muslim itu boleh untuk shalat?

Ibu Ros – Asahan

 

Jawab:

Wa’alaikumus Salam Warahmatullah...

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah. Shalawat dan salam atas Rasulullah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam- dan keluarganya.

Pertama, boleh wudhu di kamar mandi yang ada klosetnya. Yaitu kamar yang juga berfungsi sebagai toilet. Boleh dan sah berwudhu di dalamnya. Hanya saja berwudhu di luar kamar mandi semacam itu lebih utama.

Wudhu ini bagian bersuci sebagaimana mandi besar. Jika mandi besar boleh atau sah maka berwudhu di kamar mandi tersebut juga boleh.

Keduanya sama-sama kegiatan bersuci dan disunnahkan mengawali dengan Basmalah. Lalu bagaimana membaca Basmalahnya? Seseorang yang sudah berniat bersuci di kamar mandi maka membaca Basmalahnya sebelum masuk.

[Baca: Berwudhu' di Kamar Mandi yang Ada Klosetnya]

Kedua, boleh bermu'amalah dengan non muslim seperti menjalin silaturahim dengan kerabat Non Muslim, menjenguk orang sakit, jual beli, boleh menerima hadiah dari mereka.

Pemberian hadiah baju atau pakaian dari kerabat non muslim maka hendaknya diterima. Ini bagian perbuatan baik yang dibolehkan. Juga bentuk silaturahim dengannya. Dengan catatan, selama pakaian tersebut tidak ada gambar salib atau identitas agama di luar Islam, atau pujian kepada yang dipertuhankan selain Allah Ta'ala. Jika tidak ada maka boleh diterima dan dipakai.

Adapun hadiah berupa pakaian muslim -seperti sarung atau mukena- boleh dipakai untuk shalat. Wallahu a'lam. [PurWD/voa-islam.com]

- Image dari cdn.rri.co.id

  • Dijawab: Badrul Tamam
  • Kirimkan artikel atau pertanyaan ke [email protected] / 087781227881

latestnews

View Full Version