View Full Version
Selasa, 27 Apr 2021

BIN Kini Sebut KKB Papua Jadi Kelompok Separatis dan Teroris

JAKARTA (voa-islam.com) - Kepala BIM daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny gugur usai kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Beoga, Kabupaten Puncak, Papua.

Badan Intelijen Negara (BIN) kini melabeli KKB menjadi Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua.

"Kontak tembak tersebut terjadi akibat Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua melakukan penghadangan dan penyerangan terhadap rombongan Kabinda," ujar Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto dalam keterangannya, Senin (26/4/2021).

Brigjen Putu gugur usai ditembak di bagian kepala. Saat itu, sekitar pukul 15.50 WIT, Brigjen Putu beserta Satgas BIN dan Satgas TNI-Polri yang tengah dalam perjalanan menuju Desa Dambet tiba-tiba dihadang oleh kelompok KKB. Saat itulah aksi baku tembak pun terjadi di sekitar gereja Desa Dambet, Beoga, Puncak.

"Akibat kontak tembak tersebut mengakibatkan korban dari Satgas BIN, Kabinda Papua tertembak di bagian belakang kepala dan tembus depan kepala yang mengakibatkan Gugur sebagai Kusuma Bangsa," jelas Wawan dikutip voa-islam.com dari detik.com.

Kabinda Papua itu akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Wawan menyebut bahwa Brigjen Putu adalah sosok yang berprestasi. Kabinda Papua itu juga memiliki karier yang cemerlang dan pekerja keras.

"Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha dikenal sebagai sosok hangat dan berprestasi. Beliau dikenal memiliki karier cemerlang di kesatuannya dan pekerja keras. Selama bertugas, almarhum juga dekat dengan masyarakat. Gugur di medan tugas adalah pride tertinggi insan intelijen," kata dia.

Saat ini Kelompok Separatis dan Teroris masih dalam pengejaran Satgas BIN.

Seperti diketahui, kondisi Beoga di Kabupaten Puncak, Papua, sempat memanas karena ulah Kelompok Separatis dan Teroris. Selama April, sejumlah orang tewas dan bangunan dirusak kelompok itu. [syahid/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version