View Full Version
Rabu, 06 May 2015

5 Kiat Mengatasi Anak Rewel Saat Diajak Belanja

Salah seorang sahabat pernah berbagi kisah tentang putrinya yang rewel ketika diajak ke supermarket. Di rumah, kedua kakak beradik (10 tahun dan 5 tahun) ini sudah diwanti-wanti oleh ayah ibunya untuk tidak rewel meminta apa pun. Bila syarat ini dilanggar maka sanksinya belanja batal dan langsung pulang.

Benar saja, si kecil rewel minta ini dan itu ketika memasuki supermarket. Tanpa banyak bicara, si ayah dengan tegas langsung putar balik ke parkiran untuk mengambil kendaraan dan pulang. Efeknya, di saat lain ketika kedua anak ini diajak ke supermarket, mereka menahan diri untuk tidak minta ini dan itu. Acara belanja lancar dan tidak ada adegan rewel dan menangis di area publik.

Namun, tidak semua orang tua tahu bahwa harus ada kesepakatan awal untuk mencegah anak rewel ketika diajak belanja. Tahu-tahu di area publik, si anak merasa tak nyaman dan rewel. Bila ini terjadi, maka 5 kiat di bawah ini semoga bisa membantu bunda mengatasi kerewelan sang buah hati.

  1. Tarik nafas panjang untuk menenangkan diri. Kunci mengatasi buah hati yang rewel, ibunya harus tenang dulu. Bila perlu ucapkan istighfar berkali-kali atau bahkan taa’wudz. Ingat, anak rewel bisa membuat ibunya kehilangan kesabaran dan setan bisa memanfaatkan peluang.
  2. Pandang matanya dan ajak bicara baik-baik. Pasang sikap tenang dan suara yang jelas dan tegas sambil mengatakan ‘Anak salih/salihah, ibu tahu kamu marah. Tapi ibu ingin kamu berhenti menangis.’
  3. Jangan terpedaya. Bila ibu mudah terpedaya dengan tangis anak dan mengikuti kemauannya hanya agar si anak segera diam, maka anak akan belajar bahwa menangis adalah senjatanya untuk meminta sesuatu.
  4. Tinggalkan toko/mal/plaza/supermarket. Bila diajak bicara baik-baik, si kecil tetap rewel, menangis bahkan berteriak dan susah dihentikan, jangan ragu untuk menghentikan rencana belanja dan balik pulang. Rencanakan ulang kegiatan belanja anda dengan kesepakatan yang telah diberitahukan pada si kecil.
  5. Selanjutnya, ketika ingin belanja pastikan si kecil sudah kenyang sehingga dia tidak meminta jajan dan cukup tidur sehingga tidak rewel karena mengantuk.  

Selamat mencoba dan semoga si kecil tidak rewel lagi. (riafariana/voa-islam.com)

Ilustrasi: theonion          


latestnews

View Full Version