View Full Version
Selasa, 08 Dec 2015

Resensi: Kiat-kiat Menjadi Perempuan yang Cerdas

Judul Buku             : Cewek Smart

Pengarang              : Ria Fariana

Penerbit                : Gema Insani

Kota terbit            : Jakarta

Tahun terbit          : 2008

Tebal                    : 200 halaman

Peresensi               : Luthfi Nurazizah

Buku ini dirancang untuk membantu remaja perempuan untuk dapat menyikapi permasalahan yang ada di sekitar kita. Buku ini juga membahas bagaimana menjadi seorang perempuan yang cantik, cerdas dan  memiliki kepribadian yang baik sesuai syariat islam.

Perempuan yang cerdas sesuai syariat adalah seseorang yang dengan kecerdasannya akan semakin menambah keimanannya. Perempuan cerdas itu tidak diukur dari seberapa tinggi IP-nya. Tetapi bagaimana ia mampu menyelesaikan seluruh permasalahan dalam kehidupannya dengan satu tolak ukur tertentu yang bertanggung jawab.

Saat ini, banyak orang beranggapan bahwa perempuan  yang istimewa adalah wanita yang cantik di wajah. Padahal sikap dan kecerdasan mereka belum tentu bisa menyeimbangi kecantikan mereka. Mulai dari masalah cowok sampai masalah buruh perempuan dibahas di buku ini.

Secara umum, buku ini berisi dasar-dasar menjadi perempuanShalihah. Bagaimana sih menjadi perempuan yang cerdas? Apa perlu perempuan itu ganjen dan centil? Kita nggak perlu pacaran loh. Semuanya bermuara pada sejumlah nasihat sederhana dan praktis yang membantu untuk menyikapi permasalahan.

Buku ini mampu menyadarkan remaja perempuan untuk bersikap sesuai syariat islam. Dengan membaca buku ini, kamu dapat merenungkan mana yang baik dan benar. Di buku ini banyak bertabur kata-kata bijak seperti “Islam mendorong perempuan untuk cerdas agar ia tidak mudah dibodohi oleh siapa pun”.

Serta kata-kata motivasi seperti “Kamu cewek yang tegar, buktikan! Jangan cuma tampilan aja yang tomboy, tapi ketika menghadapi cobaan hidup, eh melempem.”

Keunggulan buku ini dapat menuntun remaja perempuan  ke jalan yang benar sesuai syariat islam. Bahasa buku ini mudah dipahami, segar dibaca oleh remaja perempuan karena bahasanya populer serta gaul. Cover bukunya menarik dengan kartun yang lucu, penuh warna yang menambah nuansa istimewa buku ini.

Dibandingkan dengan buku remaja lain tentang renungan wanita, buku ini mempunyai kelebihan yaitu membukakan mata kita tentang peristiwa yang sering terjadi di sekitar kita, memberikan solusi, motivasi, dan praktis serta saling mengkaitkan tentang hukum-hukum syariat islam. Buku ini dilengkapi ilustrasi gambar yang lucu pada setiap bab untuk mendukung isi tulisan. Layout tulisan sunggguh enak dibaca dan tidak membosankan.

Kelemahan buku ini sangat sedikit yaitu gambar ilustrasi bewarna hitam putih.

Dapat disimpulkan di sini bahwa jangan bilang kamu cewek cerdas kalau belum baca buku ini! Hanya satu saran yang tepat, segera miliki buku ini karena buku ini menawarkan langkah-langkah menjadi perempuan yang cerdas sesuai syariat Islam.

Editor: RF

Sumber: http://luthfinurazizah.blogspot.co.id/2013/11/contoh-resensi-buku-non-fiksi.html

 


latestnews

View Full Version