View Full Version
Rabu, 16 Dec 2015

Bunda, Sarapan Ternyata Berperan Penting pada Prestasi si Buah Hati

Seorang anak yang berangkat sekolah tanpa sarapan di rumah, bisa dipastikan ia terlihat tidak tenang ketika duduk di dalam kelas. Mengapa? Itu karena perutnya keroncongan minta segera diisi sehingga jam istirahat sangat dinanti. Jelas, konsentrasinya pada pelajaran di pagi hari itu menjadi terganggu karena hal ini.

Bunda, jangan sampai anak kita ada yang mengalami kejadian di atas yaitu kelaparan ketika pelajaran sedang berlangsung. Usahakan sebelum berangkat sekolah, putra-putri kita sudah mendapat sarapan yang bergizi tinggi. Menurut penelitian yang diadakan di Universitas Cardiff, anak yang mendapat sarapan bergizi memunyai prestasi belajar yang lebih baik daripada mereka yang tidak sarapan. Penelitian ini memakai responden sejumlah 5000 yang tersebar di 100 sekolah yang berbeda dengan rentang usia 9-11 tahun.

Mengingat pentingnya sarapan bagi para murid, sekolah-sekolah di Inggris menyediakan sarapan bagi mereka terutama di rumah tidak sempat makan. Beberapa sekolah bahkan menyediakan sarapan gratis dengan dana yang didapat dari pemerintah daerah. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya sarapan bagi aanak-anak sebelum mereka memulai pelajaran di pagi hari. Karena sesungguhnya, masalah sarapan ini bukan hanya menyangkut kesehatan tubuh semata tapi juga berimbas pada prestasi belajar si anak didik.

Pastikan juga menu yang dikonsumsi oleh si buah hati ketika sarapan. Makanan yang manis atau bahkan permen dan jenis kripik adalah hal yang seharusnya dihindari. Karena menurut penelitian tersebut, permen dan kripik tidak memberi efek positif baik bagi kesehatan maupun prestasi belajar si anak. Sebagaimana yang dikatakan oleh Professor Chris Bonell dari Universitas London bahwa ketika pemerintah memperhatikan kesehatan kaum mudanya, itu artinya pemerintah peduli pada prestasi pendidikan kaum muda tersebut.

Nah, karena terlalu muluk bila berharap pemerintah negeri ini menyediakan sarapan gratis bagi murid-murid, maka kita sebagai orang tua sajalah yang harus peduli akan hal ini. Pastikan anak-anak mendapatkan sarapan bergizi agar konsentrasi belajarnya prima ketika di dalam kelas. Jadi sesibuk apapun Bunda, usahakan menyediakan sarapan bagi putra-putri sebelum mereka berangkat sekolah. Hati-hati juga jangan terlalu berlebihan karena bisa membuat anak merasa ngantuk dan malas ketika belajar di dalam kelas. Wallahu alam. (riafariana/dbs/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google


latestnews

View Full Version