View Full Version
Ahad, 17 Apr 2016

Kajian Muslimah UNS: Pakai Medsos? Ingat Adabnya!

SOLO (voa-islam.com)--Beragam media sosial (medsos) muncul dengan menawarkan berbagai fitur dalam berkomunikasi di dunia maya. Meskipun komunikasi dilakukan di dunia maya, pengguna hendaknya memperhatikan adab dalam bergaul.

"Sebagai seorang muslim, adab dalam dalam pergaulan harus dijaga, termasuk dalam menggunakan medsos," kata ustadzah Riana Wati dalam kajian muslimah di Masjid Nurul Huda Universitas Sebelas Maret (UNS), belum lama ini.

Menurut ustadzah Riana, medsos ibarat pisau bermata dua. Sebab tidak jarang medsos menjadi pintu masuk kemaksiatan. Namun jika adab dijaga, medsos menjadi ruang silaturahmi.

Yang pertama dilakukan sebelum memilih atau menggunakan medsos adalah meluruskan niat. Hendaknya penggunaan medos diniatkan untuk menebar kebaikan.

Pengguna medsos hendaknya juga selektif, baik dalam memilih teman, mengunggah foto maupun memberikan komentar. Jam online juga harus diperhatikan, agar tidak melalaikan kewajiban.

"Bagi para muslimah hendaknya menjaga aurat, tidak tabbaruj. Selalu jaga izzah, baik dalam memposting status, komentar ataupun foto," kata Ustadzah Riana.

Meskipun komunikasi dilakukan di dunia maya, berkhalawat dengan lawan jenis hendaknya dihindari. Intetaksi dengan lawan jenis hendaknya dilakukan menurut keperluan. Hal itu akan menghindarkan diri dari fitnah.

"Segala perbuatan kita akan dimintai pertanggung jawabab, oleh karena itu adab  dalam bergaul perlu diperhatikan, termasuk bergaul menggunakan medsos," tandas Ustdazah Riana.* [Arief/Syaf/voa-islam]


latestnews

View Full Version