View Full Version
Kamis, 09 Jan 2020

7 Tips Berbusana Ketika Musim Hujan untuk Muslimah

Oleh: Riri Amalove
Owner amalovehijab.com

Musim hujan telah datang, hampir setiap hari negeri kita diguyur hujan, terutama awal tahun ini. Namun aktivitas tidak boleh berhenti. Banyak muslimah yang memiliki aktivitas di luar rumah, seperti sekolah/kuliah, menjemput anak, belanja, menghadiri majelis taklim atau kegiatan lainnya. Sehingga harus siap-siap menyikapi kondisi hujan setiap saat.

Berikut beberapa tips yang perlu sahabat muslimah perhatikan di musim hujan ini.

1. Sedia payung atau jas hujan

Peribahasa "sedia payung sebelum hujan" sangat tepat untuk dilakukan saat ini. Selalu masukkan payung atau jas hujan dalam tas atau tempat bawaan barang. Saat ini juga sudah banyak model jas hujan khusus muslimah yang simple dan cocok untuk muslimah berhijab syari.

2. Hindari baju berwarna putih

Di musim penghujan ini sebaiknya hindari gamis atau hijab berwarna putih untuk kegiatan di luar. Selain mudah kotor, juga beresiko terlihat menerawang saat terkena air hujan. Apalagi yang bepergian dengan kendaraan umum atau motor, riskan terkena percikan air kotor dari tanah.

3. Hindari baju yang terlalu panjang menjulur ke tanah

Musim hujan seperti sekarang ini biasanya tanah kondisinya becek dan basah. Gamis yang terlalu panjang menjulur ke tanah akan mudah kotor bawahnya. Tak mau khan baju kita kena noda bawahnya? Karena itu sebaiknya pilih baju yang ukurannya pas dan tidak terlalu menjulur.

4. Pakai baju dari bahan yang mudah kering

Terkadang pakaian menjadi basah tidak terhindarkan di musim penghujan ini. Karenanya pilih gamis dan hijab dari bahan yang cepat kering.

5. Pakai alas kaki tertutup dan bawa kaos kaki cadangan

Dalam kondisi apapun muslimah tetap wajib menutup auratnya termasuk kaki bagian bawah. Alas kaki tertutup seperti sepatu dalam kondisi hujan tidak lebat akan menjaga kaos kaki tidak basah. Namun tetap bawalah kaos kaki cadangan sebagai pengganti kalo sampai kaos kaki basah.

6. Bawa baju cadangan

Sediakan gamis dan jilbab cadangan, karena dalam konsisi tertentu bisa saja baju basah kena air hujan. Sehingga kalo itu terjadi tetap ada baju pengganti agar aktivitas tetap berjalan baik.

7. Pakai legging yang longgar

Menggunakan legging atau dalaman pakaian utama gunanya agar gamis tidak terlihat menerawang ketika basah. Juga agar baju gamis yang menempel ke tubuh saat basah kehujanan tidak membentuk lekuk tubuh.


latestnews

View Full Version