View Full Version
Rabu, 19 Feb 2020

Kemuliaan Seorang Ibu

DEPOK (voa-islam.com)--Ibu merupakan sosok perempuan yang melahirkan, membesarkan serta mendidik anaknya dengan  ilmu  agama. Karenanya dalam Al-Qur’an Allah telah memuliakannya. “Dalam Al-Quran seorang ibu dimuliakan Allah SWT,” ungkap Ustadzah Atik dalam acara yang diselenggarakan Komunitas Madrasah Ibu CerdaS Sholihah (MISS):Ibu, Ahad, 16 Februari 2020, di Aula SDTK Al Khawarizmi Jl. H. Terin Gandul-Cinere Depok, Jawa Barat.

“Ada dua kata yang dipakai Al-Qur'an untuk menyebut seorang Ibu yaitu Umm dan Wiladah/Walidah. Kata Umm dipakai untuk menjelaskan kejernihannya, cinta dan kasih sayang dari seorang ibu yang melahirkan anaknya. Kata Walidah hanya digunakan untuk proses melahirkan baik bagi manusia maupun makhluk yang bisa menyusui dan melahirkan,” bebernya di hadapan sekira  36 ibu-ibu dan remaja Putri di Cinere dan sekitarnya.

Ustadzah Atik pun menegaskan bahwa sumber kemulian dan kehormatan seorang ibu banyak disebutkan pada kitab suci Al-Qur’an, Salah satunya dalam Qur’an Surah Maryam ayat 32.

“Inilah bukti bahwa Allah SWT benar-benar menisbahkan memberikan penghormatan, meninggikan derajat seorang wanita yang disebut ibu maupun istri. Karena fungsi wanita untuk melestarikan keturunan dengan memperbanyak keturunannya manusia berkembang biak. Dari rahim seorang ibulah manusia dikeluarkan, tumbuh dan berkembang,” tandasnya.

“Dalam pandangan Islam, keutamaan Umm yakni,  dimuliakan disisi Allah SWT, sosok yang kuat, wajib dihormati  keberadaannya, teladan yang mulia, haram disakiti wajiib dibahagiakan, idak boleh dilakukan kasar, ridhanya ridha Allah dan do'anya mustajab,” tegasnya.

“Kita pun bisa melihat jasa besar seorang ibu. Salah satunya Al-Khansa Tumadhar binti Amr bin al-Harist. Beliau ibu para ulama mujahid, keempat putranya syahid di medan perang,” pungkasnya.* [Watik/Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version