View Full Version
Selasa, 02 Aug 2022

Salimah Rayakan Muharram dengan Santuni Anak Yatim dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan BQS

JOMBANG (voa-islam.com)--Dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1 Muharam 1444 H, Persaudaraan Muslimah (Salimah), melaksanakan kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Baitul Quran Salimah (BQS) Lansia di Jombang, Jawa Timur, dan Santunan Anak Yatim, Sabtu (30/7).

Lokasi pembanguan BQS berada di Dusun Notorejo Desa/Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang, berjarak sekitar dari 1 KM dari kantor Kecamatan Wonosalam.

Etty Praktiknyowati ketua Pimpinan Pusat (PP) Salimah pusat menyampaikan, Baitul Quran Salimah Wonosalam nantinya akan di proyeksikan sebagai tempat belajar Qur'an bagi perempuan lanjut usia, seiring harapan Juwanah dan keluarga selaku muwakif tanah seluas 3.490 meter persegi tersebut.

Etty menambahkan bahwa masih ada 65 persen penduduk Indonesia yang belum bisa membaca tulis Al Qur'an, menurut data Dewan Masjid Indonesia di akhir tahun 2021.

"Harapannya, dengan dibangunnya Baitul Quran Salimah lansia Wonosalam bisa ikut ambil bagian memberantas buta aksara Al Quran. Kondisi Wonosalam yang sejuk dan indah sangat mendukung untuk itu," lanjut Etty.

"Bersyukur menjadi bagian dari Indonesia. Ini anugerah Allah SWT. Rencananya selain masjid, akan juga dibangun villa dan tempat pelatihan yang akan bisa dimanfaatkan semua lapisan masyarakat. untuk kebutuhan dana di proyeksikan mencapai Rp 2,5 M dan kegiatan Fundraising di koordinasikan oleh Lembaga Wakaf Salimah (LWS) pusat di Jakarta," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Wonosalam, Samuki, menyambut baik pembangunan Baitul Quran Salimah. Diharapkan Salimah sebagai bagian dari ormas Islam bisa bahu membahu dengan seluruh lapisan masyarakat di Wonosalam dalam rangka mencari solusi dari problematika yang ada.

Selain masalah buta huruf al quran, diharapkan Salimah juga bisa berpartisipasi dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat terutama dalam bidang ekonomi," lanjutnya.

Sementara, Siti Rahma, ketua Lembaga Wakaf Salimah (LWS) menyampaikan, sampai saat ini terkumpul dana 250 jt dan masih terus menerima donasi dari masyarakat.

Doa mengiringi harapan dari seluruh yang hadir, agar Baitul Quran Salimah segera terealisasi dan amal baik muwakif dan donatur diterima Allah SWT," pungkasnya.

Dalam acara tersebut juga diberikan santunan kepada 40 anak yatim dan janda, serta mengundang tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat sekitar.

Acara diakhiri dengan do'a yang dibacakan oleh Perwakilan MUI Kecamatan Wonosalam, Sudirman.

Selain Ketua Umum Salimah, Lurah dan Perwakilan MUI Wonosalam, juga hadir Ketua Pimpinan Wilayah Jawa Timur, Ketua Pimpinan Daerah Jombang, dan Ketua Pimpinan Cabang Wonosalam.*[Ril/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version