View Full Version
Ahad, 14 Sep 2014

Voa-Islamic Science (1): Tumbuhan Pun Berbicara

Subhanallah...

Sahabat... Masa muda memang masa yang paling asik. Rasa ingin tahu dan ingin mencoba selalu ada.

Namun bila kita perhatikan lingkungan sekitar kita jarang banget yang menjaga lisannya. Seolah apa yang keluar dari lisan nggak kepikir dampak yang muncul. Padahal Rosululloh sudah ngingatin kita  “Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia berkata baik atau diam.” (HR. Muttafaq aliah)

Beberapa bulan yang lalu ramai di dunia maya bagaimana perbedaan yang mencolok pada sepotong buah semangka yang diputarkan bacaan Al-Qur'an dan lagu yang bersifat sia-sia. Singkat cerita ternyata potongan yang didengarkan lagu lebih cepat mengalami proses pembusukan. Tapi ada yang bilang ini hoax.

Tapi...

Para ilmuwan di University of Western Australia telah mencoba untuk mempelajari fenomena aneh tentang frekuensi suara.

Plant Can Twitt?

This device let’s your plant talk and share it’s feelings with the whole world over the Internet, and gets what the plant says posted on Twitter. It’s an electronic kit from Adafruit called Botanicalls Twitter Kit, which attaches to your plants, and conveys all the plants’ thoughts and messages to you via the Internet.

Those messages will be posted on Twitter, so you’ll know when they need water or have a lack of soil and minerals. I’m assuming they will feel free to curse you too, you non-watering bastard. So, now that plants can let us know, you can immediately care for them. Once the plant thoughts are posted on Twitter, you’ll get notificed in text messages on your mobile phone by Twitter.

The kit will cost you $160.

Demikian bunyi iklan tersebut.... #imagineNow

---------------------------------------------------

Pada tahun 2012 Para ilmuwan di University of Western Australia mencoba untuk mempelajari fenomena aneh tentang frekuensi suara yang ditularkan oleh tanaman dan bagaimana tanaman dipengaruhi oleh suara manusia.

Bukti pertama bahwa tanaman terus chatting dan berkomunikasi dengan tanaman lain melalui suara.  Namun manusia tidak bisa mendengar suara ini secara langsung, kecuali bila menggunakan perangkat yang sangat akurat untuk merekam mereka.

Studi ini menemukan bahwa tanaman tidak hanya berkomunikasi dengan tanaman lain melalui suara, tetapi mereka juga dipengaruhi oleh suara. Para ilmuwan berharap bahwa suara memainkan peran penting dalam kehidupan pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Penemuan seperti getaran akustik tanaman berarti bahwa tanaman berbicara.

Setelah mengetahui penemuan tersebut, kita tidak perlu merasa aneh bahwa salah satu keajaiban dari Nabi Muhammad SAW adalah ia berbicara dengan tanaman atau bahkan ada ranting pohon merindukan dia.

Kesimpulannya para ilmuwan meyakini bahwa tanaman berbicara dan dipengaruhi suara, namun para ilmuwan belum mengetahui dan belum memahami isi dari gelombang suara dari tumbuhan.

Maha benar Allah , 14 abad yang lalu Nabi Muhammad telah mendapatkan informasi bahwa seluruh makhluk di muka bumi ini berbicara, sebagaimana yang terdapat pada suroh Al-Isro' : 44.

Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.   

Subhanallah…

Kalimat itulah yang seharusnya menghiasi lisan kita, semoga kita termasuk hama-Nya yang senantiasa bersyukur atas segala nikmat-Nya. [ukwatuna/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version