View Full Version
Selasa, 29 Oct 2019

Filipina Diguncang Gempa 6,6 SR, Terasa hingga Indonesia

JAKARTA (voa-islam.com)—BMKG mengabarkan telah terjadi gempa bumi berkekuatan  6,6 skala richter pada Selasa (29/10/2019) pukul 08.04.45 WIB di wilayah Mindanao Filipina. Guncagan gempa bumi ini dirasakan hingga wilayah Indonesia.

“Guncangan gempabumi ini dirasakan di Tahuna, Kabupaten Sangihe dan Melonguane, Kabupaten Talaud II-III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ) Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” tulis Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangan tertulis yang dimuat laman Bmkg.go.id, Selasa (29/10/2019).

Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

“Hingga hari Selasa, 29 Oktober 2019 pukul 09.40 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 5 aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan magnitude terbesar 5,4,” jelas Rahmat.

BMKG mengimbau Kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” imbau Rahmat.* [Syaf/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version