View Full Version
Selasa, 14 May 2013

Temen Yang Begini Nich, Kudu Kita Jauhin

Temen adalah bagian dari hidup kita. Selain bisa sharing tentang banyak hal, temen juga buat  hidup jadi tambah asik banget. Tapi Rasulullah pernah bersabda "Teman yang baik dan teman yang tidak baik itu diumpamakan seperti pembawa kasturi dan peniup api, maka si pembawa kasturi mungkin memberikan kasturi itu kepada kamu atau kamu dapat membelinya, atau kamu dapat mencium baunya yang wangi. Bagaimanapun peniup api mungkin membakar pakaianmu atau kamu dapat mencium baunya yang busuk." [Hadis riwayat al-Bukhari dan Muslim]. Jadi Itu artinya dengan siapapun kita berteman, ya kudu ngebawa efek baik buat teman kita, dan bukan malah sebaliknya. So, temen yang kaya' gimana sih yang harusnya kita hindari?, salah satunya adalah yang kaya'dibawah ini,

Teman tapi setan

Pasti udah pada baca biografinya setan kan? intinya dia pasti bakal ngajak siapapun ke jalan yang salah. Contoh, saat kamu lagi asyik ibadah, dia malah ngajak kamu nongkrong sambil suit suit cewek.  atau saat kamu mau belajar dia malah ngajak main game, dan minta traktir pula. apalagi saat malming kamu yang jomblo malah dipaksa nungguin dia yang lagi pacaran # mimisan. Jelas-jelas species yang begini hanya akan menyesatkan kamu dari jalan Allah.  Parahnya, kalo setan dari golongan jin baru bisa ilang waktu dibacain ayat Kursi, nah kalo yang ini cuma bakal ilang kalo ditimpuk kursi , hee... makanya jangan ragu-ragu buat jauh-jauh dari temen yang begini yah.

Gampang ngeluh

Kenapa sih aku nggak ganteng?
kenapa sih alisku rata?
Kenapa sih mukaku Sixpack?
Kenapa sih kumis cowokku lebih panjang dari kumisku..???

Hadee.. capek nggak sih dengerin orang yang ngeluuh aja tiap hari? jawabnya pasti iya. gimana nggak, karena  orang ngeluh identik dengan nggak bersyukur. Padahal Allah aja udah berfirman di Alquran "Maka nikmat TUHAN-mu yang manakah lagi yang akan kau dustakan?" (QS. Ar Rahman ayat 13). Itu artinya nikmat Allah tuch nggak ketulungan banyaknya. Kalo aja nich kamu kumpulin satu desa, trus di itung pake jari mereka semua, dijamin juga masih kurang. Karena itulah ngeluh nggak bakalan nyelesaikan apapun kecuali malah makin buat ruwet apapun. Apalagi kalo ngeluh disiarkan secara live dari FB atau twitter kamu. bisa-bisa aib yang udah baik-baik ditutupin sama Allah, malah kebuka dan jadi omongan orang. Jadi makin ribet kan?

Orang yang suka ngeluh juga susah buat move on. Secara mereka sebenarnya menikmati kesusahan dan nggak mau susah mikir tentang jalan keluarnya.  Ya emang sih, yang namanya manusia punya limit alias batas dalam apapun. tapi sekali lagi, mengeluh bukan jalan yang asyik buat nyelesaikan masalah, malah akan menjauhkan temen-temen dari kita.  jadi tambah masalah kan?. Jadi temen yang punya kebiasaan suka banget ngeluh ini otomatis kudu kita jauhin juga biar kita nggak jadi ikut-ikutan negatif.

Datang nggak diundang, pergi suruh nganter

Konsep berteman itu harusnya saling berbagi. Jadi kita pun kudu belajar ringan tangan alias banyak bantu sob. Kita juga harus pintar- pintar nyari temen yang bisa ngajarin kita tentang berbagi.  dengan kata lain, hindari temen yang egois, yang datang nggak diundang, pergi suruh nganter, atau mampir ke kita cuma kalo lagi moodnya gak bagus, gundah gulana, resah, puyeng, kelaperan, pokoknya yang lagi butuh dihibur banget. Lama-lama penyakit kaya' gini juga bakalan mampir ke kita juga, dan ngebuat kita makin nggak dewasa.

Tukang gosip amatir

biasanya emang paling adem kalo udah curhat sama temen, pas kita lagi ada masalah. Tapi akan tambah bermasalah saat ternyata temen kita itu nggak amanah alias malah cerita-cerita kemana-n/mana tentang curhatan kita itu. pasti bakalan BT level akut. # ngikir taring

(NayMa/voa-islam.com)


latestnews

View Full Version