View Full Version
Senin, 19 May 2014

Edward Snowden: ProtonMail Tak Bisa Ditembus Mata-Mata NSA Amerika

RUSIA (voa-islam.com) - Tak semua mampu dijebol mata-mata AS dan NSA. Buktinya saja kicauan Edward Snowden ini membuka fakta baru tentang NSA yang telah membuat stigma buruk pada layanan email gratis seperti milik google, yahoo, msn dan pembicaraan via skype.

Hal ini tentu mengganggu hak privasi setiap pengguna karena tak ada informasi yang benar-benar aman dari intaian badan intelijen AS itu.

Edward Snowden mengungkap pada satu layanan email yang mengklaim kebal terhadap aksi mata-mata NSA. Layanan tersebut bernama ProtonMail yang merupakan layanan email yang berbasis di Swiss yang diklaim tak bisa ditembus NSA.

ProtonMail Dikembangkan oleh tim gabungan dari administrator MIT, Harvard, dan CERN (European Organization for Nuclear Research, ProtonMail pun dibekali keamanan berlapis.

ProtonMail dikembangkan pada tahun 2013 ini memiliki konsep login otentifikasi ganda. Ini tentu berbeda dengan kebanyakan email yang hanya mengharuskan pengguna cukup sekali memasukan username dan password.

ProtonMail pengguna wajib melakukannya 2 kali dan dengan password yang berbeda. Kedua akses login ini pun mewakili otentifikasi sekaligus enkripsi data email pengguna. Selain itu ProtonMail juga diklaim 100 anonymity yang artinya susah dilacak keberadaannya, tak dapat dilacak alamat IP-nya, dan juga tak menyimpan data login penggunanya.

Fitur menariknya lagi, ProtonMail juga menyodorkan fitur self-destruct message dimana email yang dikirimkan akan secara otomatis ‘mennghancurkan diri’ beberapa waktu kemudian setelah dibaca penerima. Penasaran? coba disini



ProtonMail sendiri kini sudah memasuki tahap beta public dan kedepannya akan ditawarkan secara gratis dengan batasan 100 MB atau maksimal 500 email per bulan untuk tiap akun. [phonearena/dtk/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version